KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Temukan Rino di Sungai Lamong


Gresik – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan Rino (12), satu orang anak yang tenggelam di sungai Lamong, kecamatan Kebomas, kabupaten Gresik, pada Rabu (16/12) sekitar pukul 08.15 WIB.

Sebelum ditemukan meninggal, Rino dan dua orang temannya  sedang mandi di tepi sungai Lamong, pada Senin (14/12) sore. Diduga ketiganya terseret arus sungai yang tiba-tiba deras. 2 teman korban berhasil menyelamatkan diri dengan berenang ke tepi sungai, sedangan korban hilang terbawa arus sungai.

Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, tim SAR gabungan menemukan Rino sudah dalam kondisi meninggal di lokasi yang berjarak sekitar 1 kilometer dari lokasi kejadian.

Proses evakuasi korban berjalan dengan lancar. Selanjutnya, jenazah korban dibawa ke RSUD Ibnu Sina Gresik untuk diproses lebih lanjut oleh Petugas Berwenang sebelum dierahkan kepada pihak keluarga.

Sebelumnya dalam upaya pencarian Rino, tim SAR gabungan telah menggerakkan sebanyak dua SRU (Search and Rescue Unit) air. SRU air pertama melakukan pencarian sejauh 1,2 kilometer dengan menggunakan perahu karet, dimulai dari lokasi kejadian menuju ke Nippon Paint.

Dan SRU air kedua melanjutkan pencarian sejauh 3,9 kilometer dengan menggunakan perahu nelayan dimulai dari lokasi kejadian menuju ke muara sungai.

Tim SAR gabungan juga mengerahkan satu SRU darat untuk melakukan penyisiran darat sejauh 1,5 kilometer di sepanjang bantaran sungai Lamong, dimulai dari lokasi kejadian menuju ke daera jembatan KA TENGGULUNAN, dan melakukan pengamatan di titik-titik yang dicurigai.

SRU darat juga menyebarluaskan informasi tentang kejadian tenggelamnya Nafisah kepada warga yang beraktifitas di sekitar sungai Lamong. Hal ini bertujuan jika nanti ada diantara warga yang mengetahui keberadaan Nafisah, diharapkan untuk melaporkannya kepada petugas.

Adapun unsur-unsur SAR yang terlibat dalam upaya pencarian korban ini, diantaranya tim operasi Kantor SAR Surabaya, Polsek Kebomas, Koramil Kebomas, Polair Gresik, BPBD kabupaten Gresik, SAR MTA, PMK Petrokimia, RAPI, PMI, SEMAR Sidoarjo, dan warga sekitar. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
16 December 9:45 WIB