KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Temukan Ahmad di Sungai Brantas


Nganjuk – Tim SAR gabungan berhasil menemukan Ahmad Yusuf Afandi (10), seorang anak asal desa Juwet yang sebelumnya dilaporkan telah tenggelam di sungai Brantas, kabupaten Nganjuk.

Korban ditemukan sudah dalam kondisi meninggal, pada Selasa (28/6) sekitar pukul 11.15 WIB, di lokasi yang berjarak sekitar 31 km dari lokasi kejadian tenggelamnya korban. Setelah dievakuasi, selanjutnya jenazah korban dibawa tim SAR gabungan ke rumah duka.

Koordinator Pos SAR Trenggalek, Yoni Fariza mengatakan, sebelumnya dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU air untuk melakukan penyisiran di sisi kanan dan sisi kiri sungai dengan menggunakan dua set perahu karet.

Dalam penyisiran ini, SRU air secara bergantian melakukan manuver perahu karet di beberapa lokasi yang dicurigai terdapat korban. Manuver ini bertujuan untuk menimbulkan gelombang air yang besar.

“Dengan gelombang air yang ditimbulkan dari manuver perahu ini, diharapkan dapat mengangkat posisi korban yang diduga berada di dasar sungai,” jelas Yoni.

Pada saat yang bersamaan, beberapa orang personel tim SAR gabungan melakukan pengamatan tanda-tenada keberadaan korban di beberapa lokasi di sepanjang, seperti jembatan.

Untuk mengoptimalkan pencarian, tim SAR gabungan juga menyebarkan informasi tentang kejadian hilangnya korban kepada warga yang beraktivitas di sekitar sungai Brantas. Hal ini bertujuan agar jika nantinya mereka melihat keberadaan korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada petugas guna ditindaklanjuti.

Proses pencarian hingga evakuasi korban ini berhasil berkat kerjasama yang baik dari sejumlah pihak, diantaranya dari tim Pos SAR Trenggalek, BPBD provinsi Jawa Timur, BPBD kabupaten Nganjuk, Polsek Ngronggot, Koramil Ngronggot, Banser, KRI, RAPI Kediri, SAR Senopati, Armi, Mataram Rescue, SAR Sikathan, dan potensi SAR lainnya.

Adapun peralatan SAR yang digunakan dalam upaya pencarian korban, diantaranya peralatan water rescue berupa 1 set perahu karet, peralatan selam; APD (Alat Pelindung Diri) berupa jaket pelampung, helm safety, booties; peralatan komunikasi, GPS, peralatan medis dan peralatan pendukung lainnya. (Hms)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
28 June 18:30 WIB