KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Menemukan Yogi di Sungai Catur


Madiun – Tim SAR gabungan telah menemukan keberadaan Yogi Adi Saputra (13) seorang anak asal jalan Niti Kusumo, kota Madiun, pada Minggu (21/11). Ia ditemukan sudah dalam kondisi meninggal di sungai Catur.

Koordinator Pos SAR Trenggalek, Yoni Fariza mengatakan, Yogi ditemukan tim SAR gabungan di lokasi yang berjarak sekitar 10 meter dari lokasi kejadian tenggelamnya korban, tepatnya berada pada koordinat 07° 39' 42.1" S 111° 31' 05.2" E.

Setelah berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan ke darat, selanjutnya jenazah korban dibawa menuju ke RSUD dr Soedono untuk dilakukan proses lebih lanjut oleh petugas yang berwenang.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, lanjut Yoni, tim SAR gabungan telah mengerahkan sebanyak tiga SRU air untuk melakukan pencarian di sungai.

SRU air pertama melakukan pencarian dengan menggunakan perahu karet di sekitar lokasi kejadian. SRU air kedua melakukan pencarian sejauh 1 kilometer dari lokasi kejadian hingga sampai di daerah Tempuran. SRU air ketiga melakukan pencarian dari Tempuran hingga sampai di daerah jembatan Ngebrak.

Di beberapa lokasi di sungai Catur yang dicurigai, SRU air melakukan manuver perahu karet. Manuver perahu karet ini bertujuan untuk menimbulkan gelombang air sungai yang besar, sehingga dapat mengangkat benda-benda di dalam sungai, termasuk korban yang dicurigai berada di dasar sungai.

Pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan juga menegerahkan dua SRU darat untuk melakukan penyisiran melalui tepi sungai dan melakukan pengamatan di beberapa titik yang dicurigai.

SRU darat juga menyebarkan informasi kejadian yang dialami korban kepada warga yang beraktivitas di sekitar sungai, dengan tujuan agar jika ada diantara mereka yang tahu posisi korban, maka diharapkan agar segera melaporkannya kepada petugas.

Adapun pihak-pihak yang terlibat selama proses pencarian hingga evakuasi korban, yaitu tim operasi Pos SAR Trenggalek, BPBD kota dan kabupaten Madiun, Brimob Madiun, Polsek Taman, Koramil Taman, LPBI NU, PMI, SAR MTA, SAR Sikatan, RAPI, ACT, Banser, Rescue 14 Jam, Renger, BP 1336, warga sekitar dan potensi SAR lainnya.

Kejadian tenggelamnya korban di berawal saat Ia berenang di sungai Catur dengan temannya, Alfian (14), pada Sabtu (20/11) sekitar pukul 16.30 WIB. Saat akan menyeberangi sungai, keduanya terbawa arus dan akhirnya tenggelam.

Alfian ditemukan dalam kondisi meninggal di lokasi yang berjarak tidak jauh dari lokasi kejadian. Selanjutnya, jenazah alfian dievakuasi oleh warga sekitar. Sedangkan Yogi hilang setelah kejadian. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
22 November 8:15 WIB