KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Menemukan Purwanti di Bengawan Ngujur


Magetan – Tim SAR gabungan berhasil menemukan Purwanti (45) di bengawan Ngujur, pada Rabu (22/7) sekitar pukul 23.40 WIB. Warga desa Karangrejo, kecamatan Kawedanan, kabupaten Magetan ini ditemukan sudah dalam kondisi meninggal.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Trenggalek, Yoni Fariza mengatakan, penemuan Purwanti ini berawal dari informasi warga yang melihat ada mayat yang mengapung di sungai, tepatnya di koordinat 7° 42' 42.9912" S 111° 28' 16.9212" E.

Mendapat laporan warga, lanjut Yoni, tim SAR gabungan yang siaga di Posko SAR pun mengerahkan satu tim untuk melakukan pengecekan secara langsung di lokasi yang dimaksudkan oleh warga.

Setelah dipastikan kebenarannya, tim SAR gabungan pun mengevakuasi jenazah Purwanti menuju ke Posko SAR. Selanjutnya, jenazah Purwanti diserahterimakan kepada pihak keluarga dengan disaksikan oleh unsur SAR gabungan dan warga.

Sebelumnya dalam upaya pencarian Purwanti, tim SAR gabungan telah mengerahkan empat SRU (Search and Rescue Unit) untuk melakukan penyisiran di bengawan Ngujur, baik air maupun darat.

SRU pertama dan SRU kedua melakukan upaya pencarian korban di bawah permuka-an air dengan tehnik menyelam. Penyelaman ini dilakukan di sekitar lokasi kejadian tengge-lamnya korban.

SRU ketiga melakukan penyisiran di bengawan Ngujur dengan menggunakan satu unit perahu karet. Penyisiran ini dimulai dari lokasi kejadian menuju ke daerah DAM Ngujur dengan menempuh jarak sekitar 100 meter.

Sementara itu, SRU keempat melakukan penyisiran darat di bantaran Bengawan Ngujur. Selama penyisiran ini, tim SAR menyebarluaskan informasi tentang kejadian yang menimpa korban kepada warga yang beraktifitas di sekitar sungai.

Penyebarluasan informasi ini dimaksudkan jika nantinya ada warga yang melihat korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada petugas untuk kemudian dilakukan evakuasi.

Selain tim operasi Pos SAR Trenggalek, upaya pencarian dan evakuasi korban ini juga melibatkan unsur SAR gabungan, diantaranya dari BPBD kabupaten Magetan dan Madiun, Polsek Kebunsari, Koramil Kebunsari, Basarta, Basarma, RAPI, Relawan 24 Jam, Ranger, SAR MTA, SAR Sikatan Ngawi, Ilham Rescue, PGL dan warga sekitar. (Lib



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
23 July 13:05 WIB