KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Kerahkan 2 SRU Air Untuk Cari Samsul di Perairan Pasuruan


Pasuruan – Tim SAR gabungan mengerahkan dua SRU (Search and Rescue Unit) air, pada Kamis (9/9), untuk mencari Samsul Muarif (49) di perairan selat Madura sebelah tenggara, dekat wilayah kabupaten Pasuruan.

Samsul Muarif merupakan nelayan asal dusun Tawangsari, desa Kalirejo, kecamatan Kraton, yang hilang di perairan selat Madura saat mencari ikan dengan seorang temannya, Samsuri (25), pada Rabu (8/9) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

Kedua orang nelayan ini menghadapi cuaca yang buruk, dimana angin kencang dan gelombang tinggi. Akibatnya, mereka ini terjatuh ke laut. ama Samsuri berhasil diselamatkan nelayan Panggungrejo dan diserahkan ke nelayan Kaligung. Sedangkan, korban atas nama Samsul hilang dalam ombak.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, tim SAR gabungan mengerahkan dua SRU air untuk mencari keberadaan Samsul di perairan laut di sekitar lokasi kejadian.

SRU air pertama melakukan pencarian di sektor 1 dengan menggunakan speed boat yang luas area penyisiran sekitar 8,23 mil laut. SRU air kedua melakukan pencarian dengan menggunakan perahu karet di sektor 2, yang panjang areanya sekitar 2,73 mil laut.

Pada saat yang bersamaan, lanjut Wayan, tim SAR gabungan juga menegrahkan satu SRU darat untuk melakukan pengamatan di sejumlah titik yang ada di sepanjang pesisir pantai di daerah Pasuruan.

SRU darat juga menyebarkan informasi tentang kejadian tenggelamnya korban kepada nelayan di sekitar perairan Pasuruan, agar jika ada nelayan yang mengetahui keberadaan korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada petugas.

Upaya pencarian korban ini sendiri melibatkan peran unsur-unsur SAR, diantaranya tim operasi Kantor SAR Surabaya, BPBD kabupaten Pasuruan, Pos TNI AL Pasuruan, Satpolairud Pasuruan, Polsek Keraton, Koramil Keraton, nelayan sekitar dan potensi SAR lainnya.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya mencari keberadaan korban. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : surabaya
9 September 11:15 WIB