KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Kembali Mencari Sutarjo di Perairan Pantai Gumuk


Situbondo – Tim SAR gabungan kembali berupaya mencari Sutarjo (44) seorang nelayan asal kampung Gumuk, yang dilaporkan hilang saat mencari ikan di sekitar perairan pantai Gumuk, kecamatan Panarukan, kabupaten Situbondo, pada Sabtu (9/5).

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Jember, Rudy Prahara mengatakan, dalam upaya pencarian Sutarjo ini, tim SAR gabungan mengerahkan sebanyak tiga SRU (Search and Rescue Unit) untuk melakukan penyisiran.

SRU pertama dan SRU kedua melakukan penyisiran laut dari perairan pantai Gelung menuju ke lokasi perahu milik Sutarjo ditemukan, yaitu di sekitar rumpon perairan pantai Gumuk.

Dari lokasi rumpon ini, selanjutnya SRU pertama dan SRU kedua kembali melakukan penyisiran menuju ke arah utara dan barat dengan menempuh jarak sekitar tiga mil laut. Selama penyisiran ini, kedua SRU bergerak dengan menggunakan perahu karet.

Pada saat yang bersamaan, lanjut Rudy, SRU ketiga melakukan penyisiran dengan menggunakan speed-boat, yang dimulai dari perairan pantai Kalbut menuju ke arah barat dengan menempuh jarak sekitar lima mil laut.

Selain upaya penyisiran di laut, tim SAR gabungan juga mengerahkan beberapa orang personel untuk melakukan pengamatan darat di sepanjang pesisir pantai Gumuk, dan memapelkan kejadian ini kepada para nelayan sekitar.

“Dengan pemapelan ini, diharapkan jika ada diantara nelayan yang mengetahui dimana keberadaan korban, maka dapat melaporkannya kepada petugas, sehingga para petugas pun dapat merespon dengan melakukan pengecekan dan kemudian melakukan langkah evakuasi,” ujar Rudy.

Selain tim operasi Pos SAR Jember, upaya pencarian Sutarjo ini juga melibatkan gabungan personel dari BPBD kabupaten Situbondo, Polair Situbondo, Polsek Panarukan, Koramil Panarukan, TAGANA, Jumerto rescue, BP 1311 Situbondo dan nelayan sekitar.

Sementara itu hingga berita ini diunggah, tim Sar gabungan masih berupaya mencari keberadaan korban. (Lib



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
9 May 10:05 WIB