KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Gabungan Temukan Sabar di Perairan Pandean


Situbondo – Tim SAR gabungan telah menemukan keberadaan Sabar (30) seorang nelayan asal desa Wonorejo, yang sebelumnya dilaporkan hilang paska perahu yang dinaikinya tersambar petir saat berada di perairan laut Pandean, kabupaten Situbondo.

Koordinator Pos SAR Jember, Prahista Dian mengatakan, Sabar ditemukan tim SAR gabungan sudah dalam kondisi meninggal di lokasi yang berjarak sekitar 900 meter dari lokasi kejadian.

Setelah berhasil dievakuasi ke darat, lanjut Prahista, selanjutnya jenazah korban di-bawa ke rumah duka dan diserahkan kepada pihak keluarga.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, dua SRU (Search and Rescue Unit) air dikerahkan untuk melakukan penyisiran di dua sektor yang berbeda, dimana masing-masing sektor ini memiliki luas sekitar 5 mil laut.

Pada saat yang bersamaan, satu SRU bergerak melakukan pemantauan di pesisir perairan Pandean. Mereka juga juga menyebarluaskan informasi kejadian tenggelamnya korban kepada nelayan di sekitar perairan Pandean untuk mengoptimalkan pencarian.

Adapun maksud penyebarluasan informasi ini, yaitu agar jika nantinya ada warga yang mengetahui keberadaan korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada petugas SAR gabungan.

Upaya pencarian hingga evakuasi korban juga melibatkan peran dari tim Pos SAR Jember, Satpolair Situbondo, Polsek Banyuputih, Koramil Banyuputih, BPBD kabupaten Situbondo, TAGANA , warga sekitar dan potensi SAR lainnya.

Selain perahu karet, tim SAR gabungan juga didukung dengan sejumlah peralatan, diantaranya peralatan water rescue, APD (Alat Pelindung Diri), yaitu helm safety, baju hazmat; peralatan komunikasi, peralatan medis dan sejumlah peralatan lainnya.

Adapun kronologi kejadian yang menimpa korban, menurut penuturan saksi mata, berawal Ia dan 4 orang nelayan lainnya mencari ikan di perairan laut Pandean dalam kondisi hujan, pada hari Jumat, tanggal 31 Desember 2021.

Sekitar pukul 13.00 WIB, perahu yang mereka naiki tersambar petir saat berada di perairan sebelah selatan daerah Datuk Candi. Akibat kejadian ini, 4 orang korban tampak terdiam di atas perahu dan 1 orang lainnya tercebur ke laut.

Setelah kondisi cuaca membaik, perahu yang dinaiki para saksi kembali ke darat untuk mencari bantuan. Sekitar pukul 14.00 WIB, 4 orang korban dievakuasi ke Puskesmas Wonorejo dan setelah diperiksa, keempatnya dipasti-kan sudah meninggal. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : surabaya
2 January 17:35 WIB