KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Gabungan Temukan Gufron di Sungai Brantas


Malang – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan Mohamad Gufron (37) seorang warga desa Bulupitu, di sungai Brantas, kabupaten Malang, pada Jumat (11/12) sekitar pukul 09.45 WIB.

Gufron ditemukan sudah dalam kondisi meninggal di lokasi yang berjarak sekitar 2,5 kilometer dari lokasi kejadian. Setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, selanjutnya jenazah Gufron dibawa ke RSUD Kepanjen guna penanganan lebih lanjut oleh Petugas berwenang.

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, sebelumnya dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU (Search and Rescue Unit) air dengan menggunakan perahu rafting.

SRU air pertama melakukan pencarian dengan jarak sejauh sekitar 2,4 kilometer, yang dimulai dari koordinat 8° 07' 14.30'' S 112° 35' 46.09" E hingga sampai di daerah yang berada pada koordinat 8° 08' 14.57'' S 112° 35' 15.86'' E.

SRU air kedua kemudian melanjutkan upaya pencarian dengan menempuh jarak sejauh sekitar 2,2 kilometer, yang dimulai dari lokasi terakhir SRU air kesatu hingga sampai di daerah yang berada pada koordinat 8° 9' 10.94" S 112° 35'5.25" E.

Wayan menambahkan, tim SAR gabungan juga menempatkan sejumlah personel untuk melakukan mengamati jika terdapat tanda-tanda keberadaan korban di sejumlah titik di sepanjang aliran sungai Brantas.

Tim SAR gabungan pun menyebarluaskan informasi kejadian tenggelamnya korban ke warga yang beraktifitas di sekitar sungai. Hal ini dimaksudkan bila ada diantara mereka yang melihat keberadaan korban, maka diharapkan untuk melaporkannya ke petugas.

Keberhasilan upaya pencarian hingga evakuasi korban ini berkat kerjasama sejumlah pihak, diantaranya tim operasi Kantor SAR Surabaya, Polsek Kepanjen, Koramil Kepanjen, SAR Bhayangkara, SAR Awangga, SAR Trenggana, SAR MTA, Satria Rescue, PPMR, SIR, SAR MRC, SAR Independent, MSR, ACT, Gimbal Alas, STAMPALA, Malang Studel, SAR Mahameru dan sejumlah organisasi potensi SAR di Malang Raya lainnya. (Hms)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
11 December 12:45 WIB