KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Gabungan Menemukan Matakim di Perairan Paciran


Lamongan – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan keberadaan Matakim (50) meskipun sudah dalam kondisi meninggal, di perairan laut daerah Paciran, kecamatan Paciran, kabupaten Lamongan, pada Kamis (26/5).

Jenazahnya ditemukan dalam kondisi mengapung di laut, sekitar pukul 10.00 WIB, di lokasi yang berjarak sekitar 18 mil laut dari lokasi kejadian, atau berada pada koordinat 6° 45' 17.3'' S 111° 55' 55.2" E.

“Setelah berhasil dievakuasi dari lokasi kejadian, selanjutnya jenazah korban dibawa ke RSUD Tuban guna diproses lebih lanjut,” kata I Wayan Suyatna selaku Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, lanjut Wayan, sebanyak dua SRU air telah dikerahkan tim SAR gabungan untuk melakukan pencarian di dua area yang telah ditentukan. Pencarian ini didukung dengan sarana berupa perahu karet dan speed boat.

Untuk mengoptimalkan upaya pencarian, tim SAR gabungan juga mengerahkan satu SRU darat untuk melakukan pengamatan di sepanjang pesisir pantai di daerah Paciran. Tim ini juga menyebarkan informasi tentang kejadian hilangnya korban ke nelayan sekitar.

Penyebarluasan informasi tersebut bertujuan agar jika nelayan melihat keberadaan korban, maka diharapkan mereka melaporkannya kepada tim SAR gabungan agar dapat dilakukan langkah selanjutnya.

Proses pencarian hingga evakuasi korban ini berhasil berkat kerjasama dari tim Kantor SAR Surabaya, Polairud Lamongan, Polsek Paciran, Koramil Paciran, BPBD Kabupaten Lamongan, Santana, nelayan sekitar, dan potensi SAR lainnya.

Adapun peralatan yang digunakan untuk mendukung upaya pencarian korban ini, diantaranya perahu karet, peralatan water rescue, peralatan selam, APD (Alat Pelindung Diri), yaitu helm safety, baju hazmat; peralatan komunikasi, peralatan medis dan sejumlah peralatan pendukung lainnya. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : surabaya
26 May 11:15 WIB