KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Gabungan Menemukan Fifani di Sungai Perum Prambon


Sidoarjo – Tim SAR gabungan akhirnya menemukan Fifani Clorina Octavia (6) di sungai Perum Griya Prambon, kecamatan Prambon, pada Senin (30/5) sekitar pukul 11.50 WIB, meskipun sudah dalam kondisi meninggal.

Setelah berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan, selanjutnya tim SAR gabungan membawa jenazah korban menuju ke rumah duka dan menyerahkannya secara langsung kepada pihak keluarga.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU air untuk melakukan pencarian korban di sungai dengan menggunakan sarana berupa dua set perahu karet.

Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, tim SAR juga mengerahkan beberapa orang personel untuk melakukan pengamatan darat di sepanjang tepi sungai Perum Griya Prambon.

“Personel SRU darat juga melakukan pemantauan tanda-tanda keberadaan korban di titik-titik, seperti melalui jembatan,” tambah Wayan.

Dalam penyisiran ini, SRU darat juga menyebarkanluaskan informasi tentang kejadian tenggelamnya korban kepada warga yang beraktivitas di sekitar sungai Perum Griya Prambon.

“Penyebarluasan ini adalah bentuk jejaring informasi yang bertujuan agar mereka memberikan informasi kepada petugas jika nantinya menemukan keberadaan korban,” ujar Wayan.

Selain tim operasi Kantor SAR Surabaya, proses pencarian hingga evakuasi korban ini juga melibatkan peran dari tim BPBD kabupaten Sidoarjo, Polsek Prambon, Koramil Prambon, TAGANA, Damkar, SEMAR, Welirang Rescue, RBC, ILS, IEA, Rentan, TSA, URS Forest, LPBI NU dan potensi SAR lainnya.

Adapun sejumlah peralatan SAR yang digunakan dalam proses pencarian korban, diantaranya peralatan water rescue, peralatan selam, APD (Alat Pelindung Diri), peralatan komunikasi, peralatan medis dan sejumlah peralatan pendukung lainnya. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
30 May 12:05 WIB