KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Cari Korban Tenggelam di Sungai Sadar


Mojokerto - Tim rescuer Basarnas Kantor SAR Surabaya bersama sejumlah potensi SAR Mojokerto terus melakukan pencarian terhadap Purwanto (35) yang dilaporkan tenggelam di sungai Sadar, desa Tinggar Buntut, kabupaten Mojokerto. Hingga hari ketiga, tim SAR gabungan belum menemukan tanda-tanda keberadaan korban. {READMORE}

Koordinator lapangan tim rescuer Kantor SAR Surabaya, Farid Kurniadi mengatakan, tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, PMI dan BPBD kabupaten Mojokerto, serta RMB (Relawan Majapahit Brawijaya) mulai intensif melakukan pencarian sejak Sabtu (6/2). Pencarian dimulai dari lokasi tenggelamnya korban.

“Tim SAR gabungan melakukan upaya pencarian di sepanjang aliran sungai Sadar. Hingga hari ketiga pencarian ini, belum ditemukan tanda-tanda keberadaan korban. Kalau dihitung dari waktu kejadian musibah, harusnya jenazah sudah muncul ke permukaan atau kemungkinan hanyut terbawa aliran sungai hingga ke wilayah Porong,” ujar Farid.

Personel tim SAR yang melakukan pencarian, lanjut Farid, terbagi menjadi dua SRU (Search and Rescue Unit). SRU pertama melakukan penyisiran dengan menggunakan perahu karet hingga sejauh lima kilometer dari lokasi kejadian musibah. Dalam penyisiran ini, beberapa kali dilakukan manuver perahu agar jenazah korban yang diduga tertancap di dasar sungai bisa terangkat.

Sementara itu, SRU Kedua melakukan penyisiran dari darat dengan melakukan pengecekan di beberapa titik, seperti Jembatan dan DAM. Penyisiran ini dilakukan hingga sejauh 15 kilometer dari posko SAR hingga DAM Balong Masin di kecamatan Pungging, kabupaten Mojokerto. “Melihat kondisi di lapangan, dimana debit air sungai masih tinggi dan arus sungai yang deras, maka diperkirakan keberadaan jenazah korban sudah bergeser cukup jauh,” tambah Farid.

Informasi yang dihimpun dari sejumlah saksi mata di lokasi kejadian, musibah yang menimpa korban ini berawal saat korban bersepeda melewati tepi sungai Sadar. Saat akan mengambil barang yang mengapung di sungai, tiba-tiba korban tercebur dan terbawa arus sungai hingga tidak muncul ke permukaan. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
9 February 6:00 WIB