KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Cari Korban Tenggelam di Sungai Bondoyudho


Lumajang – Tim rescuer BASARNAS Pos SAR Jember bersama unsur SAR dari BPBD kabupaten Lumajang dan Polsek Yosowilangun melakukan upaya pencarian terhadap nenek Kastiah (71), warga dusun Kebonsari RT 03 RW 04, kecamatan Yosowilangun, kabupaten Lumajang sejak korban dilaporkan hilang di sungai Bondoyudo, pada Selasa (19/4) sekitar pukul 19.30 WIB. {READMORE}

Upaya pencarian ini dilakukan dengan dua langkah. Pertama, dengan melakukan pengamatan di sepanjang tepi sungai Bondhoyudo untuk mencari tanda-tanda visual keberadaan korban. Langkah kedua, yaitu dengan melakukan penyisiran di sepanjang aliran sungai dengan menggunakan perahu karet yang dilengkapi mesin motor tempel (mopel).

Koordinator Pos SAR Jember, Dini Nur Fitriyah mengatakan, upaya pencarian korban di sungai dilakukan dengan manuver perahu karet, yaitu gerakan memutar atau zig-zag. Manuver ini bertujuan untuk menimbulakan gelombang air agar korban yang diduga berada di dasar sungai, dapat terangkat ke permukaan.

“Korban ditemukan pada hari kedua pencarian, dalam kondisi meninggal. Lokasi penemuan korban berada pada koordinat 08° 15’ 36,6” S 113° 19’ 11,4” E. Saat ditemukan tim SAR gabungan, jenazah korban masih dalam kondisi baik. Namun demikian, personel tim SAR gabungan tetap berhati-hati saat mengevakuasinya,” ujar Dini.

Setelah berhasil dievakuasi ke darat, sesuai dengan permintaan pihak keluarga, selanjutnya jenazah nenek Kastiah langsung dibawa menuju ke rumah duka untuk dilakukan perawatan jenazah sebelum dimakamkan oleh pihak keluarga.

Sementara itu menurut keterangan beberapa saksi mata di sekitar lokasi kejadian, musibah yang menimpa nenek Kastiah berawal saat Ia mencuci baju di tepi sungai. Diduga korban terpeleset dan kemudian jatuh ke sungai hingga kemudian terseret arus sungai Bondoyudo yang saat kejadian mengalir cukup deras. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
21 April 9:45 WIB