KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Cari Ibra di Muara Pantai Gending


Probolinggo – Tim SAR gabungan kembali mencari Ibra (16) warga Banyuanyar Kidul RT 1 RW 3, yang diduga tenggelam saat bermain air di sekitar muara pantai Gending, kabupaten Probolinggo.

Dalam pencarian di hari kedua, pada Sabtu (28/11), tim SAR gabungan mengerahkan sebanyak satu SRU (Search and Rescue Unit) untuk mencari keberadaan korban di perairan muara pantai Gending.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember, Prahista Dian menga-takan, satu SRU air dikerahkan melakukan pencarian dengan menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Motor Tempel.

SRU air melakukan penyisiran di area yang terletak di empat titik koordinat, sebagai berikut, Titik A di koordinat 07° 46' 05.54" S 113° 18' 43.18" E, Titik B di koordinat 07° 44' 05.51" S 113° 18' 43.79" E, Titik C di koordinat 07° 42' 39.41" S 113° 20' 48.29" E, dan Titik D di koordinat 07° 44' 35.10" S 113° 22' 02.92" E.

Kendala tim SAR gabungan saat pencarian korban, yaitu kondisi cuaca di sekitar lokasi pencarian, dimana kecepatan angin yang berkisar diantara 10 - 15 knots dan ketinggian gelombang yang mencapai 1,5 meter.

Prahista menambahkan, pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan juga meng-erahkan satu SRU untuk melakukan penyisiran darat pesisir pantai Gending hingga ke pantai di sekitarnya.

Tim SAR gabungan juga membentuk jejaring komunikasi dengan nelayan di sekitar pantai Gending, menyebarkan informasi tentang kejadian yang dialami korban.

Pembentukan jejaring komunikasi dengan nelayan sekitar ini bertujuan jika ada diantara warga ada yang mengetahui keberadaan korban yang sedang dicari, maka diharapkan untuk segera melaporkannya kepada petugas.

Selain tim operasi Pos SAR Jember, upaya pencarian korban ini juga melibatkan peran unsur SAR gabungan, diantaranya BPBD kabupaten Probolinggo, Polsek Gending, Koramil Gending, SAR OPA, Biting Rescue, Relawan Gabungan, SAR Langit, ACT, MRI dan nelayan sekitar.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian korban di perairan Gending. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
28 November 10:10 WIB