KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Berhasil Temukan Jenazah Irgi


Surabaya – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan Mochammad Ramadhan Irgi Laiya (12), yang sebelumnya dilaporkan tenggelam akibat terbawa arus sungai Jagir, Wonokromo, kota Surabaya. Keluarga Irgi pun histeris saat korban ditemukan dalam kondisi meninggal tidak jauh dari lokasi kejadian musibah. {READMORE}

Tim rescuer Kantor SAR Surabaya yang melakukan upaya pencarian selama dua hari bersama potensi SAR, yang terdiri atas Taifib Marinir, Satlak PB, Satpol PP, Bakesbang Linmas, Tagana, PMI, PMK dan Dishub kota Surabaya, akhirnya menemukan jenazah korban pada Senin (21/12) sekitar pukul 13.05 WIB, di koordinat 070 18’ 00” S - 1120 43’ 56.41” E.

Upaya pencarian korban dimulai dengan melakukan beberapa kali manuver perahu karet, yaitu dengan membuat gerakan zig-zag atau berputar-putar di area pencarian. Tujuannya untuk membuat gelombang agar jenazah korban yang dicurigai tertancap di dasar sungai dapat terangkat ke permukaan.

Koordinator lapangan tim rescuer Kantor SAR Surabaya, Johan Saptadi, selain penyisiran dengan menggunakan perahu karet, tim SAR gabungan juga melakukan pencarian dengan melakuan pengamatan melalui tepi sungai dan juga juga upaya pencarian di dalam air oleh tim penyelam. Tidak ditemui banyak kendala saat tim SAR gabungan melakukan upaya pencarian kedua korban. Kondisi cuaca sangat mendukung, demikian juga dengan debit air sungai Jagir yang relatif tenang.

“Kendala yang ditemui saat pencarian adalah keruhnya air sungai Jagir yang membatasi jarak pandang tim penyelam dan banyaknya potongan besi di dasar sungai yang dapat membahayakan keselamatan tim SAR. Karenanya, setiap personel wajib menggunakan peralatan keselamatan diri dan tetap berhati-hati selama melakukan pencarian," ujar Johan.

Setelah ditemukan dan dievakuasi ke darat, jenazah korban tersebut dibawa ke ruang jenazah RSUD dr Soetomo untuk mendapatkan perawatan jenazah sebelum diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan.

Sebelumnya kronologi musibah meninggalnya Irgi berawal ketika korban pamit pada ibunya untuk pergi bermain. Menurut informasi dari saksi mata di lokasi musibah, korban seperti terseret ke tengah saat sedang berenang bersama temannya di sungai. Korban sempat meminta tolong, tapi sebelum warga sekitar menolong, korban sudah terseret arus sungai dan tenggelam. (Lib)  



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
21 December 17:27 WIB