KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim Javin Ditemukan di Sungai Mastrip Dalam Kondisi Meninggal


Surabaya – Tim SAR gabungan menemukan keberadaan Javin (11) seorang anak asal jalan Mastrip, kota Surabaya, yang sebelumnya dilaporkan tenggelam. Javin ditemukan sudah dalam kondisi meninggal di sungai Mastrip.

Koordinator lapangan Tim Operasi Kantor SAR Surabaya, Farid Kurniadi mengatakan, jenazah Javin ditemukan dalam kondisi mengapung di sungai, di dekat pintu air Gunungsari, lokasinya berjarak sekitar 1,5 kilometer dari lokasi kejadian tenggelamnya korban.

Setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, selanjutnya jenazah korban dibawa tim SAR gabungan ke RSUD dr Soetomo Surabaya untuk tindakan lebih lanjut sebelum diserahkan kepada pihak keluarga.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam upaya pencarian Javin, tim SAR gabungan telah mengerahkan tim penyelam untuk melakukan pencarian di dalam sungai Mastrip dengan kondisi jarak pandang yang terbatas.

Upaya penyelaman direncanakan menempuh jarak sekitar 100 meter, yang dimulai dari lokasi kejadian tenggelamnya korban hingga sampai di lokasi yang berada pada koordinat 7° 19' 15" S 112° 42' 36" E.

“Saat tim penyelam melakukan pencarian di dalam sungai, ada satu tim yang bertugas sebagai safety officer guna memantau perkembangan kondisi saat pencarian dilakukan,” tambah Farid.

Selain penyelaman, tim SAR gabungan juga mengerahkan satu SRU air lain untuk melakukan pencarian di sungai dengan menggunakan perahu karet. Pencarian ini menem-puh jarak sekitar 1,5 km dari lokasi kejadian hingga sampai di pintu air Gunungsari.

SRU air melakukan manuver perahu karet di beberapa lokasi yang dicurigai. Hal ini dilakukan agar timbul gelombang air sungai yang dapat mengangkat benda-benda yang ada di dalam sungai, termasuk posisi korban yang dicurigai berada di dasar sungai.

Untuk mengoptimalkan upaya pecarian, lanjut Farid, tim SAR gabungan juga menge-rahkan beberapa orang personil untuk memantau disepanjang bantaran sungai Mastrip dan di pintu air Gunungsari.

Selain tim operasi Kantor SAR Surabaya, upaya pencarian korban ini juga melibatkan peran dari tim Linmas Surabaya, Damkar Surabaya, BP Pramuka Jatim, TAGANA, dan sejumlah organisasi potensi SAR lainnya. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
25 December 15:20 WIB