KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tiga SRU Air Dikerahkan Mencari Okik di Perairan Puger


Jember – Tim SAR gabungan mengerahkan sebanyak tiga SRU (Search and Rescue Unit) air untuk menemukan keberadaan Okik Budi Santoso (23) di perairan dermaga Puger, kecamatan Puger, kabupaten Jember, pada Senin (14/3).

Koordinator Pos SAR Jember, Prahista Dyan mengatakan, tiga SRU air ini melakukan pencarian dengan menggunakan tiga perahu karet di sekitar lokasi kejadian dan di muara Puger.

Di tengah pencarian, SRU air secara bergantian melakukan menuver perahu karet. Hal ini bertujuan agar timbul gelombang air yang besar, yang diharapkan dapat mengangkat posisi korban yang diduga semula berada di dasar dermaga.

“SRU air menghadapi kendala berupa kondisi cuaca yang tidak bersahabat saat me-lakukan pencarian, dimana kondisi ombak tinggi dan angin laut yang bertiup kencang,” jelas Prahistya.

Pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan juga mengerahkan satu SRU darat untuk melakukan pemantauan di sekitar dermaga Puger. SRU darat menyebarluaskan informasi tentang kejadian yang dialami korban kepada nelayan yang beraktivitas di sekitar dermaga Puger.

Penyebarluasan informasi diharapkan dapat membantu tim SAR gabungan untuk menemukan korban. Tepatnya, jika ada yang mengetahui keberadaan kedua korban, maka diharapkan untuk segera melaporkannya kepada petugas.

Menurut keterangan dari saksi mata, kejadian naas yang menimpa korban berawal saat Ia dan 3 orang temannya hendak melakukan bongkar muat ikan di dermaga puger, pada Minggu (13/3) sekitar pukul 06.00 WIB. Korban terpental dari speed boat yang Ia naiki untuk menuju ke lokasi bongkar muat.

Adapun unsur SAR gabungan yang terlibat dalam pencarian korban, diantaranya tim operasi Pos SAR Jember, BPBD kabupaten Jember, Polairud Puger, Kamla Puger, Polsek Puger, Koramil Puger, Brandal Alas Rescue, SAR Radio 115, RAPI, Siluman Rescue, Baret Rescue, Rumah Zakat, Lazizmu serta Potensi SAR lainnya.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya mencari korban di perairan dermaga Puger. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : surabaya
14 March 9:10 WIB