KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tiga Nelayan Asal Jangkar Situbondo Berhasil Ditemukan


Situbondo – Tiga orang nelayan asal Situbondo, Anton Supriadi (34), Yudi (29) dan Angga (23), yang sebelumnya dilaporkan telah hilang di perairan laut sekitar pelabuhan Jangkar, pada Sabtu (9/10) sekitar pukul 11.00 WIB telah ditemukan keberadaannya.

Koordinator Pos SAR Jember, Prahista Dian mengatakan, keberadaan ketiga nelayan ini diketahui oleh nelayan sekitar yang melintas di sekitar lokasi, yang kemudian menolong mereka.

Anton, Yudi dan Angga kemudian dievakuasi menuju ke pelabuhan Jangkar. Selanjut-nya, ketiga nelayan tersebut dibawa tim SAR gabungan ke puskesmas Jangkar untuk men-dapatkan pemeriksaan dan perawatan medis.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, lanjut Prahista, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU (Search and Rescue Unit) air untuk melakukan pencarian korban di dua sektor yang berbeda.

SRU air pertama melakukan pencarian di sektor satu dengan luas  sekitar 5,17 mil laut dengan menggunakan perahu karet. SRU air kedua melakukan pencarian di sektor kedua dengan luas sekitar 4,4 mil laut dengan menggunakan perahu nelayan.

Pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan juga mengerahkan satu SRU darat untuk memantau di sekitar perairan pelabuhan Jangkar dan menyebarkan informasi tentang kejadian ini kepada para nelayan yang beraktivitas di sekitar daerah tersebut.

Penyebaran informasi kejadian ini bertujuan jika nantinya ada warga atau nelayan yang mengetahui keberadaan ketiga korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada tim SAR gabungan.

Adapun unsur SAR yang terlibat selama proses pencarian hingga evakuasi ketiga orang nelayan ini, diantaranya tim operasi Pos SAR Jember, Polairud Situbondo, Kamladu Jangkar, Polsek Jangkar, Koramil Jangkar, KPLP, Biting Rescue, BPBD Situbondo, nelayan sekitar dan potensi SAR lainnya.

Sementara itu menurut informasi yang diterima dari pelapor, kejadian yang dialami ketiga orang nelayan ini berawal saat mereka pergi ke laut untuk mencari ikan, berangkat dari pelabuhan Jangkar, pada Kamis (7/10), sekitar pukul 16.00 WIB.

Biasanya mereka kembali pulang ke rumah pada pukul 09.00 WIB pada keesokan harinya. Pukul 05.57 WIB Angga memberikan kabar pada isteri Anton bahwa perahu yang mereka naiki telah kehabisan solar di utara Takat Mas. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : surabaya
9 October 17:20 WIB