KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Suwarno Ditemukan Dalam Kondisi Selamat


Jember – Tim SAR gabungan berhasil menemukan keberadaan Suwarno (57) seorang nelayan asal desa Puger Kulon yang dilaporkan hilang saat melaut di perairan laut Pulau Nusa Barung, kabupaten Jember, pada Sabtu (14/3).

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember, Rudy Prahara mengata-kan, korban ditemukan dalam kondisi selamat, namun mengalami sakit stroke di lokasi perairan yang berjarak sekitar 35 mil laut sebelah selatan pulau Nusa Barung.

Rudy menambahkan, penemuan Suwarno ini berkat bantuan nelayan sekitar yang kebetulan melintas di sekitar lokasi. Suwarno pun kemudian diantarkan pulang kembali ke rumahnya.

Sebelumnya tim SAR gabungan telah berupaya mencari keberadaan Suwarno ini dengan mengerahkan satu SRU (Search and Rescue Unit) laut untuk melakukan penyisiran di perairan antara pantai PUger dengan pulau Nusa Barung.

Saat proses penyisiran laut dilakukan, SRU laut menghadapi kendali berupa kondisi cuaca laut yang cukup tidak bersahabat, seperti angin laut yang kencang, serta gelombang laut dan ombak yang tinggi.

Oleh karena itu, demi menjaga keselamatan jiwa personel tim SAR gabungan yang terlibat, mereka dilengkapi dengan APD (Alat Pelindung Diri), seperti jaket pelampung, ring buoy, helm safety, GPS dan juga peralatan medis.

Selain tim operasi Pos SAR Jember, upaya pencarian dan evakuasi Suwarno ini juga melibatkan unsur SAR gabungan, diantaranya dari Pos TNI AL Puger, Polair Puger, SAR Rimba Laut, SAR OPA Jember, dan nelayan sekitar.

Sementara itu menurut informasi dari petugas Polair Puger, kejadian yang dialami Suwarno ini berawal saat ia melaut dengan menggunakan perahu fiber dengan nama lambung “Madu Derajat” untuk mencari ikan di sekitar tolik selatan perairan pulau Nusa Barung, kabupaten Jember, pada Kamis (12/3).

Di tengah pelayaran menuju lokasi, Suwarno sempat bertemu dengan nelayan lain yang bernama Yusuf, pada pukul 23.00 WIB yang sebelumnya melaut di perairan Watu Ulo. Hingga hari Jumat, tanggal 13 Maret 2020, pukul 15.00 Wib Suwarno belum juga kembali dari melaut. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
14 March 15:10 WIB