KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Suriha Ditemukan Tim SAR di Muara Sungai


Jember – Tim SAR gabungan menemukan keberadaan Suriha (47) di sekitar muara sungai, pada Senin (10/1) sekitar pukul 08.00 WIB. Suriha ditemukan sudah dalam kondisi meninggal di lokasi yang berjarak sekitar 37 km dari lokasi kejadian.

Setelah berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan ke darat, jenazah korban dibawa ke Puskesmas Panti guna ditindaklanjuti oleh tim DVI. Dan selanjutnya, diantar ke rumah duka untuk diserahkan kepada piha keluarga.

Koordinator Pos SAR Jember, Prahista Dian mengatakan, tim SAR gabungan telah mengerahkan tiga SRU untuk mencari keberadaan korban, terdiri dari dua SRU air dan satu SRU darat.

SRU air 1 melakukan pencarian dengan menempuh jarak sekitar 6 km, dimulai dari daerah yang berada di koordinat 08° 08' 14.5” S 113° 38' 36.9" E hingga sampai di titik yang berada di koordinat 08° 10' 52.6" S 113° 39' 10.6" E.

SRU air 2 melakukan pencarian dengan menempuh jarak sekitar 3 km, dimulai dari daerah yang berada di koordinat 08° 10' 52.6" S 113° 39' 10.6" E hingga sampai di titik yang berada di koordinat 08° 12' 07.3" S 113° 38' 37.7" E.

Pada saat yang bersamaan, lanjut Prahista, tim SAR gabungan juga mengerahkan SRU darat untuk menyebarluaskan informasi kejadian yang menimpa korban kepada warga sekitar untuk mengoptimalkan pencarian.

Dalam proses pencarian korban ini, tim SAR gabungan didukung dengan sejumlah peralatan, diantaranya peralatan water rescue, APD (Alat Pelindung Diri), yaitu helm safety, baju hazmat; peralatan komunikasi, peralatan medis dan peralatan pendukung lainnya.

Proses pencarian hingga evakuasi Suriha ini melibatkan peran sejumlah pihak, diantaranya tim operasi Pos SAR Jember, Polair Puger, Polsek Panti, Koramil Panti, BPBD kabupaten Jember, SAR OPA, RPAI Jember, Siluman Rescue, Destana, Mayit Rescue, SAR Radio 115 Bali, Brandal Alas, RAPI, Sat Pol PP, Dinsos, dan potensi SAR lainnya.

Adapun kronologi kejadian yang dialami korban ini bermula saat Ia dan suaminya dalam perjalanan pulang dari lokasi mencari rumput, pada Minggu (9/1). Saat berkendara sepeda motor dibonceng suaminya melewati jembatan, pukul 16.30 WIB, Ia terjatuh dari motor ke sungai karena jembatan yang licin. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
10 January 16:20 WIB