KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Satu SRU Dikerahkan Mencari Karyanto di Perairan Prigi


Trenggalek – Sebanyak satu SRU (Search and Rescue Unit) dikerahkan untuk mencari ke beradaan Karyanto (38) seorang nelayan yang tenggelam di perairan teluk Prigi, kabupaten Trenggalek, pada Kamis (27/8).

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Trenggalek, Yoni Fariza mengata-kan, tim ini melakukan upaya pencarian di sekitar lokasi kejadian terjatuhnya korban dengan menggunakan perahu jukung nelayan.

Area yang disisir tim laut ini cukup luas, yaitu sekitar 268 mil laut, yang terletak pada empat titik koordinat, yaitu Titik A di koordinat 8° 33' 51" S 110° 48' 19 E, Titik B di koordinat 8° 14' 50" S 110° 48' 19 E, Titik C di koordinat 8° 14' 50" S 111° 42' 22 E, dan Titik D di koordinat 8° 33' 51" S 111° 42' 22 E.

Kondisi cuaca di sekitar area pencarian cukup baik. Menurut data dari BMKG, kondisi cuaca di sekitar lokasi, yaitu cuaca berawan, ketinggian gelombang bervariasi antara 2,5 samapi 4 meter, kecepatan angin berkisar diantara 10 hingga 25 knots.

Pada saat yang bersamaan, lanjut Yoni, tim SAR gabungan mengerahkan satu SRU darat untuk melakukan penyisiran sejauh sekitar 35 kilometer, dimulai dari pesisir pantai Prigi hingga sampai di pesisir pantai Paldaplang yang terletak di kecamatan Munjungan.

Tim SAR gabungan juga membentuk jejaring komunikasi dengan warga dan nelayan yang beraktivitas di sekitar pantai Prigi, menyebarkan informasi tentang kejadian yang dialami korban ini kepada mereka.

Tujuannya adalah jika ada diantara warga atau nelayan yang mengetahui keberadaan korban yang sedang dicari, maka diharapkan untuk segera melaporkannya kepada petugas yang sedang melakukan pencarian.

Upaya pencarian korban ini melibatkan peran serta unsur SAR gabungan, diantaranya dari tim operasi Pos SAR Trenggalek, Syahbandar Prigi, Posmat TNI AL, Polair Prigi, Pokwasmas Prigi, Basarta dan nelayan sekitar.

Sementara itu hingga berita ini diunggah, tim SAR gabungan masih berupaya mencari keberadaan korban. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
27 August 9:15 WIB