KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Salim dan Samini Akhirnya Ditemukan


Malang – Salim (55) dan Samini (50), pasangan suami istri warga desa Srigonco, kecamatan Bantur, kabupaten Malang, yang sebelumnya hilang karena terseret ombak di perairan pantai Balekambang berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal. {READMORE}

Petugas Polair Sendang Biru yang pertama kali turun melakukan pencarian, telah berhasil menemukan dan mengevakuasi Samini pada Rabu (2/12) pukul 14.30 WIB dalam kondisi meninggal. Jenazah Samini ditemukan tidak jauh dari lokasi dirinya dan suaminya tenggelam.

Sementara itu hingga malam hari, jenazah Salim tidak kunjung ditemukan. Polair Sendangbiru pun kemudian memberlakukan Open SAR atau pencarian dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan unsur SAR yang lain, seperti dari Kantor SAR Surabaya, Polsek Bantur, Koramil Bantur, PMI kabupaten Malang, SAR Mahameru, dan LMDH Balekambang.

Tim SAR gabungan yang terbagi ke dalam dua SRU (Search and Rescue Unit) bergerak mencari keberadaan tubuh Salim. SRU darat melakukan pencarian dengan cara menyisir sepanjang tepi pantai, sementara itu SRU laut melakukan pencarian dengan menyusuri area perairan pantai Balekambang hingga ke pantai-pantai di sebelahnya.

Koordinator tim rescuer Kantor SAR Surabaya, Asnawi Suroso, mengatakan bahwa tim SAR gabungan yang bergerak mencari korban melalui jalur laut menghadapi kendala berupa ombak dan arus laut yang besar. Namun demikian, hal ini sama sekali tidak menyurutkan semangat perjuangan tim SAR gabungan untuk melakukan pencarian.

Setelah melaksanakan upaya pencarian selama dua hari, akhirnya tim SAR gabungan berhasil menemukan jenazah Salim pada Jum’at (4/12) pukul 10.00 WIB di koordinat 080 24’ 14” S - 1120 31’ 21.3” E. “Saat ditemukan, posisi Salim terjepit undercut tebing karang sirap di sebelah timurnya pantai Kondang Merak,” ujar Asnawi.

Setelah kedua jenazah Salim dan Samini berhasil dievakuasi, pihak keluarga korban meminta tim SAR gabungan untuk langsung membawa jenazah keduanya ke rumah duka guna dilakukan perawatan sebelum dimakamkan.

Menurut keterangan dari Kapolsek Bantur, AKP Karmidi, kronologi musibah tenggelamnya Salim dan Sumini berawal saat keduanya mencari rumput laut di pinggir pantai, sekitar pukul 07.00 WIB. Keduanya tidak sempat menyelamatkan diri saat ombak besar datang secara tiba-tiba. Keduanya pun tenggelam dan terseret ombak hingga menjauh dari pantai. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
5 December 19:00 WIB