KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Rescuer Kantor SAR Surabaya Latihan Evakuasi di Selat Madura


Surabaya – Para rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya melakukan Latihan Evakuasi Medis Udara (EMU), pada Rabu (19/8) pagi, berlokasi di perairan selat Madura, tepatnya di depan dermaga Semampir Baru Koarmada II.

Dalam latihan Evakuasi Medis Udara ini, disimulasikan Kantor SAR Surabaya mem-berikan bantuan evakuasi terhadap satu orang korban ABK sebuah Kapal Niaga yang terjatuh di laut dan terbawa arus.

Satu unit helikopter BASARNAS Dauphin AS365 N3+ HR 3603 pun dikerahkan dari Skuadron 400 Lanudal untuk mencari keberadaan korban di area yang telah dipetakan Staf SMC.

Setelah menemukan keberadaan korban, dua orang rescuer Kantor SAR Surabaya diterjunkan satu per satu dari helikopter BASARNAS HR 3603 di dekat lokasi korban dengah tehnik water jump.

Kedua orang rescuer Kantor SAR Surabaya yang terlatih ini dilengkapi dengan beberapa peralatan pendukung, diantaranya wetsuit (baju selam), masker, snorkel, fins (kaki katak), dan life vest.

Kedua orang rescuer berenang mendekati korban begitu berhasil melakukan water jump. Korban diperiksa kondisinya dan disiapkan untuk dievakuasi dengan mengunakan helikopter.

Selang waktu beberapa menit kemudian, helikopter BASARNAS HR 3603 kembali terbang mendekati lokasi korban dan terbang stabil di atasnya. Kemudian, seorang rescuer diturunkan untuk mengevakuasi korban dengan tehnik hoist, dan membawanya ke rumah sakit terdekat agar korban segera mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Simulasi Evakuasi Medis Udara ini melibatkan puluhan personel gabungan dari Kantor SAR Surabaya, Koarmada II, Diskes Lantamal V Surabaya dan Skuadron 400 Lanudal Juanda.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo mengatakan, dalam simulasi ini, Kantor SAR Surabaya mengerahkan Alut (Peralatan Utama)  SAR berupa 1 set RIB (Rigit Inflatable Boat), 1 unit sekoci, 1 unit perahu karet, 1 unit mobil komunikasi dan peralatan pendukung lainnya.

"Latihan Evakuasi Medis Udara ini diselenggarakan sebagai langkah persiapan dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan Simulasi Safety and Protocol Super Prioritas Labuhan Bajo Tahun 2020," jelas Hari.

Pelaksanaan latihan ini disaksikan langsung oleh Direktur Operasi dan Latihan BASARNAS, Kolonel Mar Rasman, M.Tr. (Han), didampingi tiga pejabat Kantor SAR Surabaya, yaitu Kepala Kantor, Kasi Operasi dan Kasi Sumber Daya. (Lib)



Kategori Berita Kansar , General Artikel .
Pengunggah : surabaya
19 August 15:10 WIB