KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Rescuer Kansar Surabaya Lakukan Uji Kekuatan ATV


Pasuruan – Tim rescuer Kantor SAR Surabaya melakukan kegiatan uji coba dua unit kendaraan operasional SAR, yaitu satu unit ATV jenis Heavy Duty dan satu unit ATV jenis Amphibius. Uji coba dua unit ATV ini dilaksanakan di jalur pendakian gunung Arjuno-Welirang, pada Minggu (10/4) sekitar pukul 10.00 WIB. {READMORE}

Jalur pendakian gunung Arjuno-Welirang menjadi pilihan tempat untuk menguji kemampuan 4WD atau four wheel drive yang dimiliki kedua ATV ini. Kemampuan 4WD atau 4x4 merupakan kemampuan tenaga penggerak pada keempat roda yang bertujuan untuk mendapatkan traksi yang memadai dalam melewati jalan dengan berbagai kondisi yang berbeda.

Karakter yang dimiliki jalur pendakian gunung Arjuno-Welirang memang sangat cocok untuk menguji sampai batas mana kemampuan ATV untuk melalui jalan yang terjal, berbatu dan licin. Uji coba ini sendiri dilaksanakan selama sekitar empat jam, dimulai dari pos perijinan pendakian di Tretes, hingga tiba di tengah jalur dari pos Pet Bocor menuju ke pos Kopkopan.

Koordinator kegiatan uji coba ATV, Chandra Kristyawan mengatakan, kegiatan uji coba kedua ATV ini berjalan lancar sebab kondisi cuaca cukup mendukung. Kondisi jalur memang ekstrim, namun rintangan ini dapat dilalui dengan kerjasama tim yang baik. Namun demikian, kegiatan uji coba terpaksa diakhiri setelah timbul kerusakan pada kendaraan ATV Amphibius.

Selain memiliki kemampuan melewati jalan dengan berbagai kondisi, masing-masing jenis ATV yang diuji ini memiliki kemampuan spesial. ATV jenis heavy duty memiliki kemampuan lain, yaitu mengangkut beban berat dengan bak yang dimilikinya. Sedangkan ATV jenis Amphibius memiliki kemampuan untuk berjalan di darat dan di air, seperti danau dan rawa. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
10 April 21:00 WIB