KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Remaja Ditemukan Meninggal Dunia Setelah Terbawa Arus Sungai Gunting Sumobito Jombang


Jombang - Seorang remaja tenggelam di Sungai Gunting Kecamatan Sumobito Jombang, Selasa (28/06). Dijelaskan oleh Hari Adi Purnomo, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, informasi korban berusia 12 tahun tersebut tenggelam akibat terseret arus sungai saat berenang.

“Korban bersama teman-temannya berenang lalu tiba-tiba korban tidak kuat berenang dan terbawa arus sungai” ungkap Hari.

Kantor SAR Surabaya mengerahkan satu tim rescue menuju lokasi untuk melakukan operasi pencarian bersama tim SAR gabungan. Pencarian dilakukan selama 3 hari hingga korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada Kamis (30/06) pagi. Tim SAR gabungan segera mengevakuasi jenazah korban yang mengapung dan tersangkut di jarring dengan jarak kurang lebih 500m dari lokasi kejadian awal.

“Korban dievakuasi dengan perahu LCR kemudian dibawa ke rumah duka” imbuh Hari

Sebelumnya, proses pencarian dilakukan dengan membagi tim SAR gabungan menjadi 4 Search and Rescue Unit (SRU). SRU 1 menggunakan perahu karet milik BPBD Jombang dan perahu karet Gerpik, melakukan pencarian dari sisi kanan dan kiri sungai dari lokasi kejadian awal. SRU 2 menggunakan perahu Fiber Jombang melakukan pencarian sisi kanan dan kiri sungai dari Dam Yani sampai Jembatan Bicak. SRU 3 dengan menggunakan perahu karet Basarnas dan perahu karet BPBD Mojokerto melakukan pencarian sisi kanan dan kiri sungai dari Jembatan Rejoto sampai Jembatan sejauh 4 Km. Sedangkan SRU 4 merupakan SRU pencarian darat yang menyisir area sekitar sungai dan melakukan pengecekan di 3 titik lokasi.

Pencarian dilakukan rescuer Kantor SAR Surabaya bersama dengan BPBD jombang, Damkar, Polsek dan Koramil Sumobito, Satpol PP Sumobito, apparat desa setempat, Agen Informasi BPBD, Semar Jombang, Rapi Jombang, BP 13.17, DPD Rentan Jatim, Relawan Independen, Relawan Birunya Cinta, Senkom Mitra Polri, Core Orari, Bagana, Gerpik, TSA, Sese, Sobat HART, ILKJ, BP 13.16 Mojokerto, SPI Mokokerto, LPBI Relawan NU, serta masyarakat setempat. (hms)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
30 June 12:28 WIB