KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Potensi SAR Harus Bisa Profesional dan Militan


Jombang - Para personel Potensi SAR diharapkan bisa bersikap profesional dan militan saat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Operasi SAR. Hal ini ungkapkan Direktur Bina Potensi BASARNAS, Marsekal Pertama TNI Faturakhman Indrajaya, S.E., M.M., ketika membuka perhelatan Pelatihan Potensi SAR Jawa Timur di kabupaten Jombang.

Selain sikap profesional dan militan, sinergi yang baik juga harus tercipta, baik dengan BASARNAS maupun dengan instansi / organisasi potensi SAR yang lain. Hal ini dimaksudkan agar terwujud pelayanan jasa SAR yang cepat dan tepat, namun terselenggara dengan handal dan aman.

Apabila dilandasi dengan niat yang mulia, lanjut Indrajaya, pelayanan jasa Pencarian dan Pertolongan yang cepat, tepat, aman dan handal akan bisa terwujud, meski dalam pelaksanaannya harus menghadapi tantangan yang besar dan berat.

Selain dihadiri oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, acara pembukaan Pelatihan Potensi SAR yang dilaksanakan di aula gedung Pemerintah kabupaten Jombang ini juga dihadiri oleh Bupati Jombang, Mundjidah Wahab, dan sejumlah perwakilan Forkompimda di Jombang.

Pelatihan Potensi SAR ini terbagi atas dua kegiatan, yaitu Pelatihan pertolongan korban kecelakaan di daerah air (water rescue) dan pertolongan korban kecelakaan di daerah tinggi (vertical rescue).

Ada sebanyak 100 orang peserta yang mengikuti pelatihan potensi SAR ini. Mereka ber-asal dari sejumlah instansi dan organisasi Potensi SAR di Jawa Timur, diantaranya dari unsur TNI - Polri, BPBD kota / kabupaten di Jawa Timur, PMI, TAGANA, RAPI, ORARI, Brigade Penolong (BP) Pramuka, dan SAR Penanggungan.

Pembekalan materi water rescue dan vertical rescue dari tim instruktur Kantor SAR Surabaya dilaksanakan di area Kantor Pemkab Jombang. Sedangkan untuk praktek lapangan akan dilaksanakn di area tebing Embung Grojokan untuk pelatihan vertical rescue, dan danau Embung Jambe untuk pelatihan water rescue. (Nov)



Kategori Berita Kansar , General Artikel .
Pengunggah : surabaya
19 August 10:10 WIB