KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Pencarian Korban Tenggelam di Sungai Brantas


Malang – Upaya pencarian terhadap seorang anak bernama Habil Nadib Ibrahim (8) yang tenggelam di sungai Brantas, kecamatan Kedungkandang, kabupaten Malang, dilakukan intensif sejak korban dilaporkan hilang oleh keluarganya. Upaya pencarian oleh tim SAR gabungan ini pun membuahkan hasil, jenazah korban berhasil ditemukan pada Sabtu (28/11) pukul 13.10 WIB. {READMORE}

Kepala Seksi Operasi SAR Kantor SAR Surabaya Hari Adi Purnomo, S.H. mengatakan, selain dari personel Basarnas Kantor SAR Surabaya, upaya pencarian terhadap Habil juga melibatkan unsur SAR lainnya, seperti dari Malang Selatan Rescue (MSR), PMI dan Tagana kabupaten Malang, serta warga sekitar.

"Selain menggunakan perahu karet, tim SAR gabungan juga melakukan pencarian korban dengan menyisir sepanjang tepi sungai Brantas. Pencarian yang dilakukan, baik lewat darat maupun sungai, dimulai dari lokasi tenggelamnya korban," kata Hari. Setelah melakukan pencarian selama beberapa jam, tim SAR gabungan berhasil menemukan keberadaan jenazah korban.

“Saat pertama kali ditemukan, posisi korban tertelungkup di atas batu. Lokasi penemuan korban berjarak sekitar lima kilometer dari lokasi tenggelamnya korban, tepatnya di desa Karangduren, kecamatan Pakisaji, kabupaten Malang,” ujar Sukamto, personel tim SAR gabungan dari MSR.

 Tim SAR gabungan awalnya sempat menghadapi kendala ketika akan melakukan evakuasi, sebab lokasi penemuan jenazah cukup sulit dijangkau dari bibir sungai. Namun setelah berhasil dievakuasi ke darat, selanjutnya jenazah Habil dibawa ke Rumah Sakit Saiful Anwar kota Malang untuk dilakukan perawatan jenazah sebelum diserahkan kepada keluarga korban.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari sejumlah saksi mata di sekitar lokasi kejadian, musibah tenggelamnya Habil terjadi pada Jumat (27/11). Awalnya Habil terpeleset di selokan air di dekat rumahnya di Jalan Babatan Gang 3, kecamatan Kedungkandang. Korban terbawa arus selokan hingga ke aliran sungai Brantas. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
28 November 17:11 WIB