KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Nenek Sulastri Berhasil Dievakuasi dari Dasar Sumur


Tulungagung – Nenek Sulastri (75), warga desa Sembon, kecamatan Karangrejo, kabupaten Tulungagung, berhasil dievakuasi tim rescuer BASARNAS Pos SAR Trenggalek, pada Kamis (5/11) pukul 09.00 WIB. Nenek Sulastri dievakuasi dari dasar sumur kering sedalam tujuh meter yang terdapat di rumahnya dalam kondisi meninggal. {READMORE}

Menurut keterangan yang dihimpun dari warga sekitar, kronologi musibah yang menimpa korban berawal saat korban yang baru seminggu pulang dari rumah sakit, tanpa sepengatahuan keluarga bunuh diri dengan menceburkan diri ke dalam sumur, pada pukul 05.00 WIB. Aksi nekat korban ini diduga lantaran korban merasa stress menderita penyakit yang tidak kunjung sembuh.

Kejadian musibah ini pertama kali diketahui Sunarsi (anak menantu) sekitar pukul 06.00 WIB yang hendak memandikan anaknya di dekat sumur. Ia merasa curiga setelah melihat kawat bronjong penutup sumur terbuka, dan kemudian melihatnya. Mendapati korban yang terbujur di dasar sumur, Sunarsih langsung memberitahukan kejadian itu kepada Sokeh (suami korban) dan petugas. 

Koordinator lapangan tim rescuer Pos SAR Trenggalek, Brian Gautama mengatakan, tidak ada hambatan selama proses evakuasi dilakukan. Namun demikian, tim rescuer Pos SAR Trenggalek yang dibantu unsur SAR dari Koramil dan Polsek Karangrejo serta warga sekitar, sangat berhati-hati saat menurunkan personelnya ke dalam sumur untuk mengambil jenazah nenek Sulastri.

“Setelah berhasil menjangkau jenazah korban, tim rescuer Pos SAR Trenggalek dibantu unsur SAR setempat langsung mengevakuasinya ke atas sumur dengan menggunakan teknik lifting dan peralatan artificial rescue frame,” ujar Brian.

Sebelum tim rescuer Pos SAR Trenggalek berhasil mengevakuasi korban, warga sekitar sempat berusaha mengangkat korban dari dasar sumur, namun upaya tersebut urung dilakukan sebab warga curiga ada gas beracun di dalam sumur. Hal ini didasarkan pada dugaan penyebab meninggalnya korban yang bukan karena tenggelam, mengingat sumur dalam keadaan kering, seperti dikutip dari laman tempo.com (5/11).

Namun dugaan adanya gas beracun tersebut ditepis kebenaraannya setelah petugas rescuer Pos SAR Trenggalek berhasil masuk ke dalam sumur dan mengevakuasi jenazah nenek Sulastri.

Dan atas permintaan pihak keluarga korban, setelah berhasil dievakuasi, selanjutnya jenazah nenek Sulastri langsung dibawa menuju rumah duka untuk dilakukan perawatan jenazah sebelum dikebumikan. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
5 November 14:00 WIB