KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Nelayan Asal Tuban Ditemukan Meninggal Dunia Pada Pencarian Hari Keempat


Tuban - Dua orang nelayan tak kunjung kembali setelah melaut untuk mencari ikan di Laut Jawa, perairan bagian utara Desa Keradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban sejak Rabu (20/07). Korban atas nama Rukadi ditemukan oleh nelayan sekitar dan berhasil diselamatkan di keesokan harinya.

“Kantor SAR Surabaya hari ini (Kamis (21/07) mengirimkan satu tim rescue untuk mencari nelayan yang masih hilang karena kecelakaan kapal yang pecah akibat dihantam ombak” tutur Hari Adi Purnomo, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi pencarian ini. 

Pencarian oleh tim SAR gabungan dilakukan dengan membagi tim menjadi 3 Search and Rescue Unit (SRU).  SRU 1 menggunakan perahu karet Basarnas dan SRU 2 menggunakan perahu karet BPBD melakukan pencarian di laut sedangkan SRU 3 nelayan menggunakan perahu nelayan seputar lokasi perkiraan kejadian. 

Pada pencarian hari keempat, korban kedua atas nama Deby Setiawan (40), nelayan asal Desa Keradenan Kecalamat Palang Kabupaten Tuban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia mengambang di perairan laut utara Kecamatan Jenu Tuban.

“Korban yang ditemukan kurang lebih 17km dari pantai Desa Mentoso Kec Jenu dengan Koordinat  06°39'45.1"S 112°03'08.7"E selanjutnya dievakuasi dan dibawa ambulance menuju RSUD Tuban untuk identifikasi” jelas Hari Adi.

Selanjutnya tim SAR mendapatkan informasi pukul 10.30 WIB bahwa korban berhasil diidentifikasi oleh pihak keluarga didampingi Tim INAFIS POLRES Tuban dan dinyatakan bahwa benar korban yang ditemukan adalah nelayan yang sudah menghilang 5 hari. Proses pencarian oleh rescuer Kantor SAR Surabaya, BPBD TUBAN, POLAIRUD, TNI AL, Relawan Kampata, nelayan setempat akhirnya dihentikan dengan diketemukannya korban. (hms)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : surabaya
24 July 18:00 WIB