KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Nelayan Asal Lombok Barat Ditemukan di Perairan Sine


Tulungagung – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan keberadaan Alfab Aziz (25) di perairan pantai Sine, pada Rabu (8/9) sekitar pukul 17.20 WIB. Aziz ditemukan sudah dalam kondisi meninggal setelah tim SAR gabungan melakukan pencarian korban selama tujuh hari sebelumnya.

Jenazah korban pun dievakuasi dari lokasi penemuan dan selanjutnya jenazah korban dibawa menuju ke Rumah Sakit terdekat guna dilakukan penanganan lebih lanjut oleh petugas berwenang.

Kejadian yang dialami korban sebelumnya, juga dialami oleh empat orang nelayan lain yang juga berasal dari dusun Buwunmas, kecamatan Sekotong, kabupaten Lombok Barat.

Kejadian yang dialami para korban berawal saat mereka mencari ikan di perairan pantai Sine dengan menggunakan sebuah perahu, pada Rabu (1/9). Sekitar pukul 11.00 WIB mereka diterjang ombak besar yang menyebabkan kelimanya terjatuh ke laut.

3 orang nelayan atas nama Junaidi (40), Ahmadusia (26) dan Ahmad (26), berhasil menyelamatkan diri dan 1 orang nelayan atas nama Marwin (24), ditemukan dalam kondisi meninggal. Sementara itu, satu orang nelayan lain, Alfab Aziz, hilang terbawa arus laut.

“Sebelumnya dalam upaya pencarian para korban, tim SAR gabungan telah mengerah-kan satu SRU air melakukan penyisiran di area seluas 8 mil laut dengan menggunakan perahu karet,” kata Yhoni Fariza selaku Koordinator Pos SAR Trenggalek.

Pada saat yang bersamaan, lanjut Yhoni, tim SAR gabungan juga menegrahkan dua SRU darat untuk melakukan penyisiran sejauh 3 km di sepanjang pesisir pantai Sine dan melakukan pengamatan di beberapa titik.

Untuk mengoptimalkan upaya pencarian, SRU darat menyebarkan informasi tentang kejadian tenggelamnya korban kepada nelayan di sekitar pantai Sine, agar jika ada nelayan yang mengetahui keberadaan korban, maka diharapkan untuk melaporkan kepada petugas.

Selain tim operasi Pos SAR Trenggalek, upaya pencarian hingga evakuasi para korban ini juga berhasil berkat kerjasama dari Polsek dan Koramil Tanggunggunung, RESOB, SAR MTA, BPBD kabupaten Trenggalek, nelayan sekitar dan potensi SAR lainnya. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : surabaya
8 September 16:40 WIB