KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Musthofa Ditemukan di Sungai Catak


Jombang  – Tim SAR gabungan berhasil menemukan keberadaan Musthofa (8) di sungai Catak, kecamatan Mojoagung, kabupaten Jombang, pada Minggu (29/5) sekitar pukul 10.15 WIB.

Musthofa yang merupakan seorang anak warga dusun Kagulan, desa Janti ini ditemukan sudah dalam kondisi meninggal di lokasi yang berjarak sekitar 9 km dari lokasi kejadian.

Setelah berhasil dievakuasi dari lokasi kejadian, selanjutnya jenazah korban dibawa tim SAR gabungan ke rumah duka dan diserahkan kepada pihak keluarga.

Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU air untuk mencari keberdaan korban di sungai Catak dengan menggunakan dua set perahu karet.

SRU air pertama melakukan pencarian dari lokasi kejadian hingga DAM Jetis, denganmenempuh jarak sejauh sekitar 1,6 km. SRU air kedua melakukan pencarian dari DAM Jetis hingga DAM Balongsono dengan menempuh jarak sekitar 6,2 km.

SRU air 1 dan SRU air 2 melakukan manuver perahu karet di beberapa lokasi yang dicurigai. Hal ini dilakukan untuk menciptakan gelombang air yang besar, yang diharapkan dapat mengangkat posisi korban yang semula diduga berada di dasar sungai.

Untuk mengoptimalkan pencarian, lanjut Wayan, satu SRU darat juga dikerahkan untuk melakukan penyisiran di sepanjang bantaran sungai Catak dan memantau tanda-tanda keberadaan korban di beberapa titik yang dicurigai, seperti melalui jembatan.

SRU darat menyebarluaskan informasi kejadian tenggelamnya korban kepada warga yang beraktivitas di sekitar sungai Catak. Hal ini bertujuan jika nantinya ada yang melihat korban, maka dapat melaporkannya kepada petugas untuk ditindaklanjuti.

Selain tim operasi Kantor SAR Surabaya, sejumlah pihak juga ikut berperan membantu proses pencarian hingga evakuasi korban, diantaranya tim dari BPBD provinsi Jawa Timur, BPBD kabupaten Jombang, Polsek Mojoagung, Koramil Mojoagung, SEMAR, RAPI, Gatana, ILKJ, ISM, Welirang Community, TSA, Sahabat Polisi, Senkom, Gerpik dan potensi SAR lainnya.

Adapun peralatan SAR SAR yang digunakan dalam upaya pencarian korban, diantaranya peralatan water rescue berupa 1 set perahu karet, peralatan aqua eye, peralatan selam; APD (Alat Pelindung Diri) berupa jaket pelampung, helm safety, booties; peralatan komunikasi, GPS, peralatan medis dan peralatan pendukung lainnya. (Lib)

 



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
29 May 11:10 WIB