KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Lima Warga Korban Banjir di Kota Batu Berhasil Ditemukan


Batu – Tim SAR gabungan telah menemukan lima orang warga terdampak bencana banjir di desa Bulukerto, kecamatan Bumiaji, kota Batu. Kelimanya ditemukan sudah dalam kondisi meninggal diantara material yang terbawa arus banjir.

Korban pertama, Wakri, ditemukan pada Jumat (5/11) pukul 07.30 WIB di daerah aliran sungai desa Tawangargo. Korban kedua, Alverta Shenazia Arviza Vindra, ditemukan pada Jumat (5/11) pukul 08.15 WIB di daerah aliran sungai dusun Beru.

Korban ketiga, Mahendra Feri, ditemukan pada Jumat (5/11) pukul 09.15 WIB di daerah aliran sungai dusun Banaran. Korban keempat, Adi Wibowo, ditemukan pada Jumat (5/11) pukul 09.30 di DAM Klerek, dusun Beru.

Korban kelima, Tokip, ditemukan pada Sabtu (6/11) pukul 10.12 WIB di lokasi yang berada pada koordinat 7°54'20.13"S 112°34'32.38"E. Tim SAR gabungan membawa kelima jenazah korban ke rumah sakit terdekat untuk divisum luar oleh petugas yang berwenang.

Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, dalam upaya pe-nanganan paska kejadian banjir ini, tim SAR gabungan telah mengerahkan enam SRU untuk mencari keberadaan lima orang warga desa Bulukerto yang hilang terseret arus banjir.

SRU pertama, SRU kedua, SRU ketiga dan SRU keempat bertugas melakukan upaya penyisiran di wilayah dusun Sambong dan dusun Gintung. Adapun SRU kelima dan SRU keenam melakukan penyisiran di dusun Beru.

Masing-masing SRU ini terdiri dari 30 orang personel. Dalam melaksanakan tugasnya, mereka didukung dengan sejumlah peralatan, diantaranya peralatan ekstrikasi, APD (Alat Pelindung Diri), peralatan komunikasi, peralatan medis dan peralatan pendukung lainnya.

Kesulitan tim SAR gabungan saat proses pencarian para korban, diantaranya material-material yang terbawa banjir menumpuk, sehingga tim SAR gabungan harus menelusuri bau dan memilah-milah material tersebut saat menemukan bau tidak sedap.

Adapun unsur SAR yang terlibat dalam pencarian korban ini, diantaranya tim operasi Kantor SAR Surabaya, BPBD kota Batu, Polsek Bumiaji, Koramil Bumiaji, Dinas PUPR, Polres Batu. Resob Blitar, Divif 2 Kostrad, Yonif 527, KODIM Batu, Yonzipur 5, Gimbal Alas, SAR MTA, PMI, MSR, PPMT, SAR Trenggana, warga sekitar dan potensi SAR lainnya.

Bencana banjir yang melanda kecamatan Bumiaji, kota Batu ini sendiri terjadi pada Rabu (4/11) akibat derasnya hujan yang turun sejak sehari sebelumnya. Akibatnya, ratusan orang warga desa Bulukerto dievakuasi ke lokasi yang lebih aman.

Ada enam orang warga desa Bulukerto yang mengalami luka-luka, yaitu Bayu Agung Setiawan, Saiful, Fainis (31), Linda Ariesta (36), Muhoratul Jannah (22), dan Arif (31). Selain itu, ada dua orang warga yang ditemukan dalam kondisi meninggal tidak lama setelah kejadian, yaitu Wiji dan Sarip. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Bencana .
Pengunggah : surabaya
6 November 18:25 WIB