KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


KSR PMI UNEJ Berlatih Kemampuan Vertical Rescue


Jember – Sebanyak 30 orang anggota KSR PMI unit UNEJ (Universitas Negeri Jember) tampak antusias saat mengikuti pelatihan SAR yang diberikan oleh tim instruktur dari Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember, pada Minggu (25/11).

Koordinator Pos SAR Jember, Asnawi Suroso mengatakan, pelatihan SAR yang berlokasi di stadion UNEJ ini bertema HART (Hight Angle Rescue Technique) atau teknik menolong korban di ketinggian.

Para peserta pelatihan diperkenalkan dengan beberapa materi HART, diantaranya pengenalan organisasi SAR, Keamanan bekerja di ketinggian, Pengenalan alat-alat mountaineering serta pengenalan tehnik descending atau turun.

Pelatihan HART ini bertujuan untuk menambah pengetahuan para peserta di bidang vertical rescue. Harapannya, para peserta mampu memberikan pertolongan dan evakuasi jika terjadi kondisi yang membahayakan jiwa di ketinggian khususnya di lingkungan kampus UNEJ.

"Meski kondisi membahayakan itu tidak bisa diprediksi kapan waktu terjadinya, persiapan SDM sebagai komponen utama harus tetap dilakukan secara maksimal," tambah Asnawi. (Lib)



Kategori General Artikel , Pelatihan .
Pengunggah : surabaya
26 November 9:56 WIB