KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Komisi V DPR RI Kagum dengan Rescuer Basarnas Surabaya


Surabaya – Tim Komisi V DPR RI dibuat kagum oleh penampilan para rescuer BASARNAS Kantor SAR Surabaya yang melakukan simulasi pertolongan korban musibah di ketinggian. Simulasi ini ditampilkan saat tim Komisi V DPR RI melaksanakan agenda kunjungan kerja di Jawa Timur, salah satunya kunjungan ke Kantor SAR Surabaya, pada Senin (2/11). {READMORE}

Simulasi pertolongan tersebut dimulai dengan seorang rescuer wanita yang membawa turun korban luka dengan teknik lowering dari atas menara rappeling, yang diibaratkan sebagai tebing, menuju ke bawah. Setelah korban berhasil dievakuasi ke bawah, tim lain melakukan pemindahan korban menuju ke tempat aman dan selanjutnya dilakukan perawatan medis awal terhadap korban.

“Simulasi yang dilakukan para rescuer Kantor SAR Surabaya adalah bentuk penghormatan atas kunjungan tim Komisi V DPR RI. Melalui simulasi itu, mereka menunjukkan bagaimana respon yang dilakukan BASARNAS saat menangani suatu musibah dan bencana,” kata Kepala Kantor SAR Surabaya, Drs. Mochammad Hernanto, M.M, saat menemani kunjungan tim Komisi V.

Selain simulasi, para rescuer Kantor SAR Surabaya juga memamerkan sejumlah peralatan SAR yang dimiliki, seperti rescue truck, rescue car, portable chamber stretcher, peralatan selam, peralatan water rescue, peralatan pendeteksi korban yang terjebak di reruntuhan bangunan, peralatan vertical rescue, serta sejumlah peralatan ekstrikasi, seperti rotary shaw dan rescue cutter.

Tim Komisi V DPR RI yang diketuai Ir. Fary Djemy Francis, M.MA, menyampaikan rasa kagum dan bangga atas kemampuan SAR yang ditampilkan oleh anggota BASARNAS. Karenanya, Komisi V DPR RI akan menyetujui kenaikan anggaran untuk BASARNAS pada tahun 2016 guna menunjang pelaksanaan tugas-tugas kemanusiaan.

Dalam kesempatan itu, Hernanto menyampaikan sejumlah persoalan untuk ditanggapi oleh Komisi V, diantaranya persoalan kurangnya personel rescuer untuk menjangkau wilayah kerja SAR di Jawa Timur dan minimnya lahan kantor, mengingat terus bertambahnya kendaraan operasional yang diberikan Kantor Pusat BASARNAS.

Dari Kantor SAR Surabaya, rombongan tim Komisi V DPR RI yang berjumlah 19 orang ditambah lima orang dari tim skeretariat, melanjutkan kunjungan kerjanya ke ruas jalan tol Surabaya-Mojokerto dan melihat sejumlah tempat lain di Jawa Timur.

Dalam kunjungan kerjanya, tim Komisi V DPR RI turut didampingi oleh sejumlah pejabat dari Kementrian, Lembaga Negara dan BUMN yang menjadi stake holder-nya, diantaranya dari Basarnas, BMKG, PT Angkasa Pura I Juanda, dan Kementrian Pekerjaan Umum. Adapun pejabat pendamping dari Basarnas, yaitu Kepala Biro Umum, Agus Sukarno, S.H, M.M. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
2 November 15:11 WIB