KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


KN SAR Antasena Kembali Mencari Satu ABK MV Ocean Mercy di Perairan Karang Jamuang


Surabaya  – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya kembali mengerahkan KN SAR 234 Antasena dan satu tim operasi untuk mencari keberadaan Xiu Weiteng (20) seorang ABK MV Ocean Mercy di perairan Karang Jamuang, pada Sabtu (9/5).

Menurut informasi yang diperoleh dari pihak agen kapal MV Ocean Mercy, kronologi kejadian hilangnya Xieu Weiteng bermula saat Ia tidak terlihat di kapal pada Kamis (7/5). Korban terakhir kali diketahui berada di bagian deck depan pada pukul 21.30 WIB.

Nahkoda dan ABK MV Ocean Mercy yang lain kemudian mencari di seluruh bagian kapal, namun Xiu Weiteng tidak ditemukan. Nahkoda MV Ocean Mercy kemudian meminta bantuan ke kapal pandu via Radio, namun hasil pencarian waktu itu nihil. Hingga akhirnya menghubungi Kantor SAR Surabaya.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, setelah mendapatkan laporan dari pihak agen kapal, Kepala Kantor SAR Surabaya pun segera mengerahkan satu tim guna melakukan pencarian korban dengan KN SAR 234 Antasena.

Di hari kedua pencarian ini, KN SAR 234 Antasena melakukan upaya penyisiran di sekitar buoy 5 perairan Karang Jamuang. Jika dilihat melalui aplikasi google earth, luas area penyisiran KN SAR 234 Antasena, yaitu sekitar 62,5 mil laut.

Selama pencarian ini berlangsung, kondisi cuaca di area pencarian hujan, angin laut bertiup di kisaran 6 sampai 16 knots dari arah timur ke tenggara, gelombang laut berkisar antara 1.25 sampai 2.5 meter dan arus laut yang menuju ke arah barat.

Dalam pencarian ABK MV Ocean Mercy, KN SAR 234 Antasena bekerjasama dengan pihak Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, PT Pelindo III, SROP Surabaya, VTS Surabaya, Ditpolair Polda Jatim dan nelayan sekitar.

“Selain mengerahkan KN SAR 234 Antasena, Kantor SAR Surabayajuga memapelkan kejadian ini kepada kapal-kapal yang melintas di sekitar lokasi. Dengan harapan, jika ada yang mengetahui keberadaan korban, maka mereka bisa melaporkannya kepada petugas,” ujar Wayan.

Hingga berita ini diunggah, KN SAR 234 Antasena dan unsur SAR lainnya masih berupaya mencari korban. (Lib



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
9 May 12:05 WIB