KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


KN SAR 249 Permadi Dikerahkan Untuk Mencari ABK KMN Sumber Berkah


Surabaya – Kapal Negara (KN) SAR 249 Permadi dikerahkan Kantor SAR Surabaya untuk melakukan pencarian delapan orang ABK KMN Sumber Berkah yang tenggelam ketika mencari ikan di perairan laut sekitar pulau Masalembo, pada Senin (23/8).

Identitas delapan orang ABK KMN Sumber Berkah yang berstatus dalam pencarian ini, yaitu Bakrul Ama (40), Waras (38) selaku Nahkoda, Nur Muhaimin (42), M Anshori (34), Budi Maryono (56), Imam Mardianto (30), Wardono (42) dan M Wahidin (38).

Selain korban hilang, ada tiga orang korban tenggelamnya KMN Sumber Berkah yang berhasil diselamatkan nelayan sekitar. Adapun identitasnya, yaitu Suwaras (49), Uliyan Andafi (27) dan Ji.

Sebelum tenggelam, KMN Sumber Berkah mengalami kebocoran di bagian buritan, pada Minggu (15/8) sekitar pukul 09.00 WIB. Perlahan kapal semakin tenggelam dan hal ini membuat para ABK menceburkan diri ke laut tanpa menggunakan pelampung.

Mereka berupaya bertahan hidup di laut dengan menggunakan alat apung dari jerigen kosong. Setelah tiga jam berlalu, tiga orang diantara mereka ditemukan dan diselamatkan kapal nelayan yang melintas. Sedangkan, delapan orang ABK lainnya hilang.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, KN SAR 249 Permadi yang diawaki 16 orang ABK ini melakukan pencarian di area seluas 186 mil laut, yang terletak diantara pulau Masalembo dan pulau Bawean.

Kondisi cuaca di sekitar area pencarian cukup tidak bersahabat. Menurut data BMKG, cuaca berawan, tinggi gelombang berkisar antara 1,5m sampai 2 meter, kecepatan angin berkisar antara 5 sampai 15 knots yang bertiup dari arah timur ke tenggara.

Dalam proses pencarian, lanjut Wayan, Nahkoda KN SAR 249 Permadi memapelkan informasi kejadian tenggelamnya KMN Sumber Berkah kepada kapal-kapal yang melintas di sekitar lokasi kejadian.

Pemapelan juga dilakukan Kantor SAR Surabaya melalui VTS dan SROP Surabaya. Pemapelan ini dilakukan agar informasi tersebar luas, tujuannya jika ada yang mengetahui keberadaan para korban, maka diharapkan untuk segera memberikan pertolongan.

Selain mengerahkan KN SAR 249 Permadi, tim SAR gabungan juga mengerahkan 1 SRU darat untuk melakukan pengamatan di pesisir pantai di pulau Bawean, dari lokasi koordinat 5°50'43.06" S 112°38'33.17"E hingga koordinat 5°48'20.19"S 112°34'12.05"E.

Selain Kantor SAR Surabaya, proses pencarian 8 orang ABK KMN Sumber Berkah ini juga melibatkan peran serta beberapa pihak, diantaranya VTS Surabaya, SROP Surabaya, Satpolairud Lamongan, Nelayan sekitar dan potensi SAR Lainnya. (Lib)

 



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : surabaya
23 August 15:15 WIB