KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Keempat Orang Awak Kapal Zidane Express Ditemukan Selamat


Sumenep  – Keempat orang awak kapal Zidane Express akhirnya diketahui, pada Senin (30/5) sekitar pukul 16.30 WIB. Mereka ditemukan dalam kondisi selamat oleh KM MJW di koordinat 7° 39' 6,39" S 115° 3' 59,35" E.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo mengatakan, keempat awak KM MJW, yaitu Ali Sabibi, Rusiyadi, Moh. Ajim dan Anshori, ditemukan bertahan hidup dengan cara mengapung di atas beberapa stereofoam.

Lokasi penemuan mereka ini berjarak sekitar 63 mil laut dari pelabuhan pantai Boom, kabupaten Banyuwangi, dan berjarak sekitar 61 mil laut dari pelabuhan di pulau Sapeken, kabupaten Sapeken.

Hari menambahkan, keempat awak kapal Zidane Express ini kemudian dibawa ke pulau Sapeken, dan tiba di sana sekitar pukul 22.00 WIB. Mereka kemudian mendapatkan pemeriksaan medis di fasilitas kesehatan yang ada di pulau Sapeken.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam upaya pencarian keberadaan para awak kapal Zidane Express ini, Kantor SAR Surabaya telah mengerahkan KN SAR 234 Antasena dan satu tim operasi Unit Siaga SAR Sumenep.

Kapal SAR yang berukuran panjang 40 meter ini bertolak dari pelabuhan Kalianget, kabupaten Sumenep, untuk melakukan penyisiran di area pencarian dengan luas sekitar 345 mil laut.

Selama proses pencarian, tim KN SAR 234 Antasena juga memapelkan kejadian hilangnya kapal Zidane Express kepada kapal-kapal yang melintas di sekitar area pencarian, seperti KM Verimas, KM Doraemon dan KM Pan Marine18.

Selain pemapelan kepada kapal-kapal, informasi kejadian hilangnya kapal Zidane Express ini juga dimapelkan kepada beberapa pihak seperti BP Migas, Pengeboran Maleo di selatan pulau Sapudi dan Pengeboran KEI.

Untuk mengoptimalkan pencarian, Kantor SAR Surabaya juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti Kantor SAR Denpasar, BPBD kabupaten Sumenep, Syahbandar Kalianget, Syahbandar Sapeken, BP Migas, SROP Surabaya, VTS Surabaya dan potensi SAR lainnya. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : surabaya
30 May 23:15 WIB