KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Kantor SAR Surabaya Mengawali Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru


Surabaya - Menyambut Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya melaksanakan Apel Kesiapsiagaan pada Jumat (18/12). Apel kesiapsiagaan yang digelar di Lapangan Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya ini dilakukan dalam rangka mengawali siaga SAR khusus selama 18 hari kedepan.

 

Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo menjadi inspektur dalam apel kesiapsiagaan ini dan berkesempatan menyampaikan amanat Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito. Dalam amanat tersebut dijelaskan bahwa penting untuk berkoordinasi dengan gugus tugas Covid-19 dan menjalankan penyelenggaraan protokol Kesehatan sesuai dengan ketentuan. “Kita harus memastikan bahwa personil dan alut dalam keadaan siap untuk digerakkan sewaktu-waktu bila ada keadaan yang tak terduga” tambah Hari.

 

Dalam siaga SAR khusus NATARU ini, personil Kantor SAR Surabaya termasuk Pos SAR Jember, Pos SAR Banyuwangi, Pos SAR Trenggalek serta ABK KN SAR di Tanjung Perak dikerahkan untuk melakukan patroli dan pemantauan di lokasi yang diperkirakan akan ramai. Lokasi tersebut antara lain adalah bandar udara, pelabuhan, serta beberapa destinasi wisata yang ada di Jawa Timur seperti Pantai Ria Kenjeran, Jembatan Suramadu, Pantai Watu Ulo, Pantai Papuma, Pantai Phayangan, dan Pantai Boom.

 

Masing-masing Kantor Pencaraian dan Pertolongan juga berkewajiban untuk melaporkan hasil koordinasi, pelaksanaan, dan pengawasan selama siaga SAR khusus kepada Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan secara berkala sesuai mekanisme yang telah ditentukan. Dalam amanat juga ditekankan bahwa personil masing-masing Kantor SAR perlu aktif berkoordinasi dengan instansi serta potensi terkait, menjaga nama baik intansi, mengikuti prosedur kerja yang ada, bekerja secara professional, sinergi dan militant, serta mengutamakan faktor keselamatan dalam pelayanan SAR terlebih lagi ditengah pandemic Covid-19.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : surabaya
18 December 16:30 WIB