KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Jumilah Berhasil Dievakuasi dari Dasar Sumur


Tulungagung – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi Jumilah (49) warga dusun Podorejo Sumbergempol, desa Rejosari, kecamatan Kalidawir, kabupaten Tulungagung.

Koordinator Pos SAR Trenggalek, Yhoni Fariza mengatakan, korban dievakuasi sudah dalam kondisi meninggal, pada Jumat (10/12) sekitar pukul 05.00 WIB, dari dasar sumur dengan kedalaman 10 meter, dengan jarak antara bibir sumur ke permukaan air sumur sekitar 4 meter.

Setelah berhasil dievakuasi dari dalam sumur, jenazah korban dibawa oleh petugas ke ke rumah duka dan diserahkan kepada pihak keluarga..

Sebelumnya dalam upaya evakuasi korban, lanjut Wayan, personel tim operasi Pos SAR Trenggalek diturunkan ke dalam sumur untuk menjangkau korban dengan tehnik lifting dan peralatan HART (High Angle Rescue Technique).

Kesulitan yang dihadapi tim operasi Kantor SAR Surabaya saat mengevakuasi korban, yaitu sempitnya diameter sumur, sehingga hanya satu orang penolong yang bisa masuk ke dalam sumur.

Selama proses evakuasi berlangsung, faktor keselamatan setiap personel yang terlibat sangat diperhatikan. Karenanya setiap personel, terutama yang turun ke dalam sumur, wajib menggunakan peralatan keselamatan diri.

Yhoni menjelaskan, personel yang turun ke dalam sumur dilengkapi dengan peralatan SCBA (Self Contain Breathing Aparatus) atau peralatan bantu pernafasan saat bekerja di dalam ruang yang terbatas. Peralatan ini berguna melindungi personel agar tidak keracunan gas karbondioksida saat melakukan upaya evakuasi korban.

Selain peran tim operasi Pos SAR Trenggalek, upaya evakuasi korban ini juga berkat kerjasama dari beberapa pihak, diantaranya Polsek Kalidawir, Koramil Kalidawir, Polres Tulungagung, warga sekitar dan potensi SAR lainnya.

Sementara itu menurut informasi yang dihimpund ari saksi mata, kejadian yang dialami korban berawal diakibatkan Ia terpeleset saat menimba air sumur sebelum buang air besar di kamar mandi. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
10 December 8:15 WIB