KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Jenazah Kardiman Berhasil Dievakuasi


Bojonegoro – Jenazah Kardiman (45) warga dusun Sembungrejo, RT 04 RW 02, desa Banguran, kecamatan Plumpang, kabupaten Tuban, yang sebelumnya dilaporkan tenggelam di sungai Apur, desa Pucangarum, kecamatan Baureno, kabupaten Bojonegoro, berhasil dievakuasi tim SAR gabungan pada Kamis (28/1) sekitar pukul 08.30 WIB. {READMORE}

Koordinator lapangan tim rescuer Kantor SAR Surabaya, Asnawi Suroso mengatakan, upaya pencarian korban sejak hari pertama yang dilakukan tim SAR gabungan dari Kantor SAR Surabaya, BPBD Bojonegoro, BPBD Tuban dan Polsek Baureno tidak menemukan kendala. Kondisi cuaca sangat mendukung, demikian juga dengan arus air sungai Apur yang relatif tenang.

Jenazah korban berhasil ditemukan dan dievakuasi pada hari kedua pencarian, setelah warga melaporkan keberadaan jenazah korban yang tidak jauh dari lokasi kejadian musibah, tepatnya pada koordinat 07° 5’ 41” S 112° 5’ 27” E. “Saat ditemukan, jenazah dalam keadaan mengapung di tepi sungai,” ujar Asnawi.

“Warga menginformasikan penemuan jenazah korban tidak lama berselang setelah tim SAR gabungan selesai melakukan persiapan untuk memulai upaya pencarian pada hari kedua. Tim SAR gabungan pun kemudian langsung mengevakuasi jenazah korban dari sungai,” tambah Asnawi.

Tim medis dari Puskesmas Baureno langsung melakukan pemeriksaan awal pada jenazah korban setelah berhasil dievakuasi. Korban meninggal diduga kuat akibat tenggelam karena tidak dapat berenang. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Kapolsek Baureno, AKP Mashadi, yang mengatakan bahwa tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan di tubuh korban.

Setelah melalui pemeriksaan lanjutan di Puskesmas Baureno, selanjutnya jenazah korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Berdasarkan informasi dari saksi mata, kronologi musibah meninggalnya Kardiman berawal saat korban bersama dua orang temannya mandi di sungai Apur setelah memanen padi. Korban yang merasa kepanasan setelah bekerja, langsung menceburkan diri ke sungai. Naasnya, korban yang tidak dapat berenang akhirnya tenggelam meski dua temannya sudah berusaha menolong. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
28 January 15:00 WIB