KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Hardiono Ditemukan Dalam Kondisi Selamat


Situbondo – Hardiono (68) seorang nelayan asal Kampung Pasar Nangka ditemukan di perairan laut sekitar pelabuhan Jangkar, kabupaten Situbondo, dalam kondisi selamat, pada Kamis (23/9) sekitar pukul 16.30 WIB. 

Sebelumnya Hardiono pergi mencari ikan di perairan laut Jangkar dengan mengguna-kan perahu fiber, pada Rabu (22/9) pagi. Seharusnya Hardiono sudah pulang pada pukul 12.00 WIB, namun hingga hari Kamis, pukul 08.00 WIB, Hardiono belum juga kembali pulang ke rumah.  

“Hardiono ditemukan dalam kondisi selamat di lokasi yang berjarak sekitar tiga mil laut dari lokasi kejadian. Ia ditemukan masih berada di atas perahu yang digunakannya,” ujar Prahista Dian selaku Koordinator Pos SAR Jember.

Setelah dievakuasi ke darat melalui pelabuhan Jangkar, lanjut Prahista, selanjutnya Hardiono dibawa ke puskesmas Jangkar untuk diperiksa kondisi kesehatannya, sebelum kemudian diantar pulang ke rumahnya.

Sebelumnya dalam upaya pencarian Hardiono, tim SAR gabungan mengerahkan sebanyak 1 SRU (Search and Rescue Unit) air untuk melakukan pencarian korban di sekitar lokasi kejadian atau titik terakhir korban diketahui dengan menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Motor Tempel (Mopel) berkekuatan 25 PK.

Pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan juga mengerahkan satu SRU darat untuk melakukan pengamatan di pelabuhan Jangkar dan menyebarkan informasi kejadian belum kembalinya korban kepada nelayan di sekitar pelabuhan jangkar, agar jika ada yang mengetahui keberadaan korban, maka diharapkan untuk melaporkan kepada petugas.

Dalam upaya pencarian Hardiono ini, beberapa unsur SAR ikut terlibat, diantaranya tim operasi Pos SAR Jember, Satpolair Situbondo, BPBD kabupaten Situbondo, Polsek Jangkar, Koramil Situbondo, Kamladu Jangkar, Biting Rescue, Relawan Gabungan, nelayan  sekitar dan potensi SAR lainnya. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : surabaya
23 September 16:20 WIB