KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Empat SRU Dikerahkan Untuk Mencari Korban di Sungai Rowotrate


Malang – Tim SAR gabungan mengerahkan empat SRU (Search and Rescue Unit) untuk mencari keberadaan Sih Mianti (79), warga desa Sitiarto RT 48 RW 09, yang tenggelam di sungai dusun Rowotrate, kabupaten Malang, pada Kamis (23/12).

Menurut kesaksian pelapor di Polsek Sumbermanjingwetan, kejadian yang dialami korban berawals aat Ia pergi dari rumahnya, pada Senin (20/12). Hingga waktu malam, Ia tidak juga pulang ke rumah. Pihak keluarga dibantu tetangga berupaya mencari di sekitar sungai dan menemukan benda-benda milik korban.

Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, sebanyak dua SRU air bergerak melakukan pencarian korban di sungai Rowotrate dengan menggunakan perahu karet dan perahu jukung.

Pencarian ini menempuh jarak sejauh sekitar 6 kilometer, yang dimulai dari muara sungai yang berada di koordinat 08° 26' 20.8" S 112° 38' 36.7" E, menuju ke lokasi kejadian yang berada di koordinat 8° 24' 23" S 112° 39' 02" E.

SRU air melakukan manuver perahu karet di beberapa lokasi yang dicurigai. Hal ini dilakukan agar timbul gelombang air sungai yang besar dan dapat mengangkat benda yang ada di dalam sungai, termasuk posisi korban yang dicurigai ada di dasar sungai.

Pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan juga mengerahkan dua SRU darat untuk melakukan pemantauan di area Goa Mas dan melakukan penyisiran darat, dari muara sungai hingga melewati pesisir pantai Bajulmati dan pantai Ungapan.

Untuk mengoptimalkan upaya pecarian, lanjut Wayan, tim SAR gabungan juga menye-barluaskan informasi kejadian yang dialami korban kepada warga sekitar, agar jika mereka mengetahui keberadaan korban, maka segera melaporkannya kepada petugas.

Adapun unsur-unsur SAR yang ikut terlibat dalam pencarian, diantaranya tim Kantor SAR Surabaya, Polsek dan Koramil Sumbermanjing Wetan, BPBD kab. Malang, PSR, MSR, Posal Sendangbiru, PMI, MSR, SAR Kanjuruhan, SAR MTA, dan potensi SAR lainnya.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya untuk mencari keberadaan korban. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
23 December 10:10 WIB