KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Dua SRU Dikerahkan Mencari Syamsul di Perairan Karang Bale


Jember – Sebanyak dua SRU (Search and Rescue Unit) air kembali berupaya menemukan keberadaan Syamsul Arifin (27) seorang warga desa Puger Kulon, yang dilaporkan telah tenggelam di perairan laut Karang Bale, kabupaten Jember.

Kejadian naas yang dialami korban ini sendiri bermula saat Ia dan tiga orang teman-nya berlayar menggunakan perahu Dua Putra melintasi perairan Karangbale, pada Selasa (29/3) sekitar pukul 04.00 WIB.

Diduga korban terjatuh ke laut tanpa disadari oleh ketiga temannya. Mereka pun lalu berusaha mencari keberadaan korban, namun tidak membuahkan hasil.

Koordinator Pos SAR Jember, Prahista Dian mengatakan, dalam pencarian korban, dua SRU air bergerak dengan menggunakan perahu karet dan perahu jukung nelayan untuk melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian dan area pencarian yang sudah ditentukan.

SRU air menghadapi kendala saat melakukan pencarian, yaitu dari kondisi cuaca wilayah perairan laut selatan yang tidak bersahabat, dimana ombak dan gelombang tinggi, serta angin yang bertiup cukup kencang.

Pada saat yang bersamaan, lanjut Prahista, tim SAR gabungan juga mengerahkan satu SRU darat untuk melakukan pemantauan di sekitar dermaga Puger.

SRU darat menyebarluaskan informasi kejadian yang dialami korban kepada nelayan Puger. Hal ini bertujuan agar jika ada yang mengetahui keberadaan kedua korban, maka diharapkan untuk segera melaporkannya kepada petugas.

Adapun unsur SAR gabungan yang terlibat dalam pencarian korban, diantaranya tim operasi Pos SAR Jember, BPBD kabupaten Jember, Polairud Puger, Kamla Puger, Polsek Wuluhan, Koramil Wuluhan, Brandal Alas Rescue, SAR Radio 115, RAPI, Siluman Rescue, Baret Rescue, Rumah Zakat, Lazizmu serta Potensi SAR Lainnya.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya mencari korban di perairan Karang Bale. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : surabaya
30 March 9:10 WIB