KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Dua Penumpang Jetsky Mati Mesin Ditemukan Selamat


Banyuwangi – Dua penumpang jetsky mati mesin yang merupakan sepasang suami isteri asal kota Semarang, yaitu Agus Ardianto (39) dan Raras (35), berhasil ditemukan dalam kondisi selamat, pada Sabtu (17/10) pagi.

"Kedua penumpang diselamatkan nelayan sekitar dan dibawa sementara ke pantai Merak, yang berjarak sekitar 10 mil laut dari lokasi kejadian matinya mesin jetsky," ungkap Wahyu Setia Budi, Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Banyuwangi.

Lebih lanjut Wahyu menambahkan, tim operasi Pos SAR Banyuwangi dan Pos SAR Jembrana kemudan mengevakuasi kedua suami isteri tersebut menuju ke pantai Bama, kawasan Taman Nasional Baluran, kabupaten Situbondo.

Sebelumnya dalam upaya pencarian kedua penumpang ini, tim SAR gabungan telah berupaya mengerahkan sebanyak dua SRU (Search and Rescue Unit) laut untuk mencari korban.

SRU laut pertama melakukan pencarian dengan menggunakan RIB (Rigit Inflatable Boat) BASARNAS di area dengan luas 23,69 mil laut. SRU laut kedua melakukan upaya pencarian tak jauh dari area pertama dengan menggunakan perahu nelayan.

Selain upaya diatas, tim SAR gabungan juga mengerahkan satu SRU darat untuk melakukan penyisiran di sepanjang pesisir pantai Bangsring dimulai dari koordinat 7° 48' 51.78" S 114° 27' 26.56" E menuju ke koordinat 7° 53' 5.90" S 114° 27' 46.75" E.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam upaya pencarian hingga evakuasi kedua orang penumpang jetsky ini, diantaranya tim operasi Pos SAR Banyuwangi, Pos SAR Jembrana, Polair Banyuwangi, Polsek dan Koramil Kalipuro, BSI, KIB Ambulance dan warga sekitar.

Sementara itu menurut keterangan pelapor, kejadian yang dialami kedua penumpang berawal saat keduanya berangkat mengendarai jetsky dari perairan Pandean, sebelah timur hutan Baluran menuju ke pulau Menjangan, pada Jumat (16/10) sekitar pukul 16.00 WIB.

Pada pukul 1700 WIB, jetsky mengalami mati mesin di perairan Bangsring, kecamatan Wongsorejo, kabupaten Banyuwangi. Akibat kejadian ini ada dua korban yang hanyut terbawa ombak di sekitar lokasi kejadian. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : surabaya
17 October 10:50 WIB