KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Dirsiskom BASARNAS Buka Pelatihan SAR di Jember


Jember – Direktur Sistem Komunikasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Budi Purnama, S.Pi., M.Agr, membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Tehnik Pencarian dan Pertolongan (SAR) di Permukaan Air dan Ketinggian, pada Selasa (18/2) di hotel Cempaka Jember.

“Pelatihan SAR di Permukaan Air dan Ketinggian ini diselenggarakan dalam upaya untuk menyamakan pola pikir dan pola tindak dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan,” ujar Budi Purnama.

Lebih lanjut Budi Purnama mengatakan, BASARNAS dan Potensi SAR harus bisa berkoordinasi dan bersinergi dengan baik dalam memberikan pelayanan jasa SAR bagi masyarakat, dengan harapan akan dapat menyelamatkan korban lebih banyak lagi.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Surabaya, Hariadi Purnomo menambahkan, melalui pelatihan ini, nantinya para peserta diharapkan dapat membantu Kantor SAR Surabaya dan Pos SAR Jember untuk memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan atau bencana.

Kegiatan pembukaan pelatihan SAR ini dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di kabupaten Jember, diantaranya dari Kalaksa BPBD kabupaten Jember, Dandim 0824 Jember, Kasat Sabhara Polres Jember, perwakilan Puslatpur Marinir Situbondo.

Sebanyak 100 orang peserta dari berbagai instansi atau organisasi, mulai dari instansi Pemerintah Daerah, Unsur TNI dan POLRI, organisasi relawan, dan organisasi kemasyarakatan dari enam kabupaten, yaitu kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo dan Banyuwangi.

Selama tiga hari pertama, para peserta dibekali materi kelas tentang Substansi BASARNAS, tehnik pencarian dan pertolongan di permukaan air dan ketinggian, serta materi Medical First Responder (MFR).

Tiga hari berikutnya, para peserta pelatihan dilatih mempraktekkannya langsung di lapangan. Untuk praktek pertolongan di ketinggian berlokasi di menara rappelling Pos SAR Jember dan tebing Pelindu, sedangkan praktek pertolongan di permukaan air berlokasi di kolam renang Kebon Agung dan perairan pantai Pasir Putih Situbondo.

Dan selama dua hari terakhir, akan dilaksanakan uji kompetensi bagi para peserta pelatihan. Uji kompetensi ini terdiri dua tahap, yaitu tes tertulis dan praktek kemampuan secara individu. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Pelatihan .
Pengunggah : surabaya
18 February 17:20 WIB