KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Dinas Pariwisata Lumajang Berlatih Tehnik Pertolongan Korban di Air


Lumajang – Dinas Pariwisata kabupaten Lumajang bekerjasama dengan Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember, berlatih tehnik pertolongan korban kecelakaan di perairan (water rescue), pada Rabu (7/8).

Pelatihan water rescue yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti sebanyak 35 orang. Mereka berasal dari berbagai organisasi, seperti Paguyuban Pemandu Wisata Danau, Pengelola Pintu Air dan Paguyuban Nelayan di kabupaten Lumajang.

Koordinator Pos SAR Jember, Asnawi Suroso mengatakan, tim instruktur memberikan materi sesuai dengan kurikulum pelatihan water rescue Balai Diklat BASARNAS, seperti pengenalan teori water rescue dan peralatan-peralatan yang dapat digunakan untuk menolong korban.

Meskipun berlangsung satu hari, para peserta tampak semangat mengikuti pelatihan. Setelah sesi materi selesai, mempraktekkan tehnik pertolongan korban di air, seperti teknik membawa korban, serta pengoperasian perahu karet, baik dengan cara mendayung maupun dengan menggunakan mesin motor tempel.

Melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan bisa memahami betapa pentingnya faktor keselamatan saat beraktivitas di wilayah perairan, serta memiliki kemampuan untuk menolong diri sendiri dan juga orang lain. (Lib)



Kategori Berita Kansar , General Artikel .
Pengunggah : surabaya
7 August 3:05 WIB