KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


BASARNAS Surabaya Kerahkan KN SAR 234 Antasena Cari Kapal Zidane Express


Sumenep  – Kantor SAR Surabaya mengerahkan KN (Kapal Negara) SAR 234 Antasena untuk mencari keberadaan kapal Zidane Express yang dilaporkan hilang kontak di perairan laut sekitar pulau Sapeken, kabupaten Sumenep, pada Senin (30/5).

Kapal Zidane Express ini diawaki oleh empat orang. Identitas mereka, yaitu Ali Sabibi (pemilik kapal), Rusiyadi, Moh. Ajim dan Ansori, mereka semua merupakan warga asal pulau Sapeken, kabupaten Sumenep.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo mengatakan, tim KN SAR 234 beserta satu tim operasi Unit Siaga SAR Sumenep ini bertolak dari dermaga Kalianget, kabupaten Sumenep, untuk melakukan pencarian di area pencarian dengan luas sekitar 345 mil laut.

Selama proses pencarian, kondisi cuaca cukup bersahabat. Menurut data BMKG, kondisi cuaca berawan hingga hujan ringan, suhu 32°C, kelembapan 80%, kecepatan angin berkisar diantara 5-12 km/jam ke arah timur laut, jarak pandang sejauh sekitar 5 km, dan ketinggian ombak sekitar 1 meter.

Sementara itu, Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, tim KN SAR 234 Antasena juga memapelkan kejadian hilangnya kapal Zidane Express kepada kapal-kapal yang melintas di sekitar area pencarian, seperti KM Verimas, KM Doraemon dan KM Pan Marine18.

Selain pemapelan kepada kapal-kapal, informasi kejadian hilangnya kapal Zidane Express ini juga dimapelkan kepada beberapa pihak seperti BP Migas, Pengeboran Maleo di selatan pulau Sapudi dan Pengeboran KEI.

Untuk mengoptimalkan pencarian, Kantor SAR Surabaya juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti Kantor SAR Denpasar, BPBD kabupaten Sumenep, Syahbandar Kalianget, Syahbandar Sapeken, BP Migas, SROP Surabaya, VTS Surabaya dan potensi SAR lainnya.

Hingga berita ini dikabarkan, tim KN SAR 234 Antasena masih berupaya melakukan pencarian kapal Zidane Express di lokasi pencarian. (Hms)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : surabaya
30 May 10:10 WIB