KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


BASARNAS Siagakan Personel dan Alut Selama Masa Lebaran 2021


Surabaya – Kantor SAR Surabaya menyelenggarakan Siaga SAR Khusus selama masa Hari Raya idul Fitri 1442 Hijriah. Siaga SAR ini dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari H-7 Lebaran hingga H+7.

Dalam Siaga SAR Khusus Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah ini, tim operasi Kantor SAR Surabaya berpatroli di sejumlah lokasi penting yang ada di Jawa Timur, seperti di Bandara, Pelabuhan, Terminal dan Stasiun.

“Kendati Pemerintah melarang masyarakat untuk mudik ataupun bepergian ke luar daerah selama masa pandemi COVID-19 ini, Kantor SAR Surabaya tetap melaksanakan Siaga SAR Khusus,” kata Hari Adi Purnomo selaku Kepala Kantor SAR Surabaya.

Adapun pelaksanaan siaga SAR khusus ini bertujuan untuk tetap memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Sebab BASARNAS hadir dan bersiaga jika terjadi kejadian kecelakaan dan bencana yang tidak diinginkan.

Hari menambahkan, para personel Kantor SAR Surabaya yang melaksanakan Siaga SAR khusus ini terbagi menjadi 14 tim, tersebar di Kantor SAR Surabaya, Pos SAR Jember, Pos SAR Trenggalek, Pos SAR Banyuwangi, Unit Siaga SAR Sumenep dan KN SAR.

Selain menyiagakan para personel pertolongan yang terlatih, Kantor SAR Surabaya juga menyiagakan Alut (Peralatan Utama) SAR, baik Alut SAR darat maupun Alut SAR untuk wilayah perairan.

Adapun Alut SAR darat yang disiagakan, diantaranya rescue truck, rescue car, truk angkut personel, amphibius, ATV Heavy Duty dan Beach Patrol, 2 unit spider excavator, dan beberapa unit motor trail.

Alut SAR yang disiagakan, meliputi Alut SAR air dan Alut SAR darat. Adapun Alut SAR air yang disiagakan, diantaranya KN SAR Widura, KN SAR Antasena, KN SAR Permadi, KN SAR Srikandi, 4 unit RIB, dan beberapa unit perahu karet berikut dengan mesinnya.

Sejumlah peralatan SAR juga disiagakan, diantaranya peralatan vertical rescue, water rescue, jungle rescue, peralatan komunikasi dan navigasi darat, peralatan CSSR dan VAR, peralatan medis dan sejumlah APD (Alat Pelindung Diri).

Selain melaksanakan Siaga Komunikasi dan Rescuer di masing-masing Kantor SAR dan Pos SAR, juga dilaksanakan patroli Siaga SAR, dimulai dari Kantor SAR menuju ke Bandara Internasional Juanda, kemudian dilanjutkan menuju ke terminal Purabaya dan Stasiun Kereta Api Surabaya Gubeng.

Patroli Siaga SAR juga dilaksanakan di wilayah perairan, yaitu patroli di alur pelayaran Surabaya dengan menggunakan KN SAR dan patroli di perairan penyeberangan Ketapang - Gilimanuk dengan menggunakan RIB.

Selama melaksanakan siaga SAR khusus, tim operasi Kantor SAR Surabaya selalu berkoordinasi dengan petugas terkait lainnya, seperti dengan pihak TNI dan Kepolisian, Dishub dan ASDP. (Lib)



Kategori Berita Kansar , General Berita .
Pengunggah : surabaya
13 May 17:35 WIB