KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


BASARNAS Kerahkan RIB dalam Pencarian Nelayan Hilang di Perairan Tabuhan


Banyuwangi – Kantor SAR Surabaya mengerahkan 1 unit RIB (Rigit Inflatable Boat) yang diawaki tim operasi Pos SAR Banyuwangi untuk mencari keberadaan Maski (43) di perairan Tabuhan, kabupaten Banyuwangi, pada Senin (23/8).

Maski merupakan seorang nelayan yang berasal dari desa Bengkak yang dilaporkan hilang saat mencari ikan di perairan laut di sekitar pulau Tabuhan, kecamatan Wongsorejo, kabupaten Banyuwangi.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, dengan menggunakan RIB dengan mesin 400PK, tim operasi Pos SAR Banyuwangi yang tergabung dalam SRU air 1, melakukan pencarian di area seluas sekitar 8,74 Mil Laut.

Dalam waktu yang bersamaan, lanjut Wayan, tim SAR gabungan juga mengerahkan SRU air kedua untuk melakukan pencarian korban di area seluas 8,45 Mil Laut dengan menggunakan perahu nelayan.

Kondisi cuaca di wilayah perairan di sekitar area pencarian cukup bersahabat, dimana cuaca berawan, ketinggian gelombang berkisar antara 0,5m sampai 1,25 meter, serta angin bertiup ke arah timur dengan kecepatan di kisaran 4 sampai 18 knots.

Selain mengerahkan dua SRU air, tim SAR gabungan juga mengerahkan tim darat untuk membentuk jejaring komunikasi, baik dengan warga maupun dengan para nelayan di sekitar daerah Bangsring.  

Jejaring komunikasi ini dimaksudkan jika nanti ada diantara nelayan yang mengetahui keberadaan korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada petugas.

Upaya pencarian korban ini melibatkan peran sejumlahpihak, diantaranya tim operasi Pos SAR Banyuwangi, Satpolairud Ketapang, Pokwasmas Bangsring, BSI, RAPI, Koramil dan Poslek Wongsorejo, BPBD kabupaten Banyuwangi, dan sejumlah potensi SAR lainnya.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya mencari keberadaan korban. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : surabaya
23 August 12:05 WIB