KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


BASARNAS Kerahkan Kapal dan Helikopter Cari 3 ABK TB Mitra Jaya VIII


Surabaya – BASARNAS Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya mengerahkan 1 unit Kapal Negara (KN) dan 1 unit Helikopter dalam upaya pencarian 3 orang ABK TB Mitra Jaya VIII di perairan laut pulau Bawean, pada Jumat (11/12).

Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR TB Mitra Jaya VIII ini mengatakan, upaya pencarian di laut dilaku kan dengan mengerahkan KN SAR 225 Widura.

KN SAR 225 Widura bertolak pagi hari, sekitar pukul 05.00 WIB dari Dermaga Distrik Navigasi Tanjung Perak menuju ke area pencarian dengan luas sekitar 180 mil laut. KN SAR 225 ini membawa satu tim rescuer Kantor SAR Surabaya.

"Pada hari sebelumnya, KN SAR 225 Widura tidak dapat melakukan pencarian dengan maksimal, dikenakan kondisi cuaca yang tidak bersahabat, dimana gelombang mencapai sekitar 3 meter dan angin bertiup dengan kecepatan di kisaran 15 - 20 knots," Terang Hari.

Hari menambahkan, Kantor SAR Surabaya juga menggerakkan satu unit helikopter Dauphin AS365 N+ HR 3603. Helikopeter yang diawaki 3 orang dan membawa 3 orang rescuer ini terbang dari Skuadron 400 Lanudal Juanda untuk melakukan pencarian lewat udara di area seluas sekitar 158 mil.

Untuk memaksimalkan upaya pencarian, Kantor SAR Surabaya juga bekerjasama dengan SROP Surabaya dan VTS Surabaya untuk memapelkan kejadian hilangnya 3 ABK TB Mitra Jaya VIII kepada kapal-kapal yang melintas di sekitar lokasi kejadian.

Pemapelan ini bertujuan agar jika ada kapal yang melihat keberadaan ketiga ABK TB Mitra Jaya VIII, maka diharapkan untuk memberikan bantuan evakuasi.

Berdasarkan keterangan dari kelima ABK TB Mitra Jaya VIII yang selamat, kronologi kejadian tenggelamnya TB Mitra Jaya VIII berawal saat dalam pelayaran menarik Tongkang SBU 88 bermuatan CPO dari Palangkaraya menuju Gresik, pada Senin (7/12).

TB Mitra Jaya VIII menghadapi cuaca buruk saat melintas di sekitar perairan laut selatan pulau Bawean, jarak dari pulau Bawean sekitar 8 mil laut. Akibat kejadian ini, kapal tenggelam, 5 orang ABK berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke pulau Bawean, sedangkan 3 orang ABK hilang.

Sementara itu hingga berita ini dikabarkan, tim operasi Kantor SAR Surabaya dan unsur SAR gabungan masih berupaya melakukan pencarian keberadaan tiga ABK TB Mitra Jaya VIII. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
11 December 10:15 WIB