KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Basarnas Evakuasi ABK MV Latika Asal India


Surabaya – Tim rescuer Basarnas Kantor SAR Surabaya berhasil mengevakuasi satu orang ABK MV Latika, pada Selasa (8/12) pukul 16.35 WIB. ABK yang diketahui bernama Chaurasia Deep Narayan asal negara India ini dievakuasi tim rescuer Kantor SAR Surabaya karena mengalami kecelakaan saat berkerja di kapal tersebut. {READMORE}

Kepala Kantor SAR Surabaya, Drs. Mochammad Herbanto, M.M. mengatakan bahwa pada saat kejadian, posisi MV Latika berada pada koordinat 050 36’ S 1120 43’ E atau berjarak sekitar delapan mil laut di sebelah utara pulau Bawean, yang masih masuk dalam wilayah administrasi pemerintah kabupaten Gresik.

“Begitu menerima laporan musibah yang dialami salah satu ABK MV Latika ini, Kantor SAR Surabaya langsung merespon dengan mengerahkan helikopter Dauphin Basarnas HR 3601 beserta personel rescuer dari Surabaya menuju ke lokasi musibah,” kata Hernanto.

Helikopter Dauphin Basarnas ini, lanjut Hernanto, memiliki endurance dan kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan helikopter Basarnas jenis Bolco 105, sehingga waktu tempuh ke lokasi pun tidak terlalu lama.

“Dalam misi SAR kali ini, Kantor SAR Surabaya tidak mengerahkan KN SAR 225 karena mempertimbangkan efisiensi waktu dan faktor kondisi cuaca buruk di laut,” tambah Hernanto.

Proses evakuasi terhadap korban berlangsung cukup cepat. Begitu berhasil menemukan keberadaan MV Latika, helikopter Dauphin Basarnas melakukan hover di atas kapal agar dapat menurunkan rescuer Kantor SAR Surabaya ke kapal, sebab MV Latika tidak memiliki helipad yang memungkinkan helikopter untuk landing.

Setelah mendapatkan penanganan medis awal oleh rescuer Kantor SAR Surabaya, korban pun dievakuasi ke dalam helikopter Basarnas dengan menggunakan teknik hoist, yaitu evakuasi vertical dengan menggunakan tali kawat atau sling yang dikendalikan oleh seorang operator dari dalam helikopter.

Helikopter Basarnas kemudian membawa korban terbang ke Surabaya. Setelah mendarat di Skuadron Udara 400 Lanudal Juanda, korban kembali diperiksa kondisinya oleh tim perawat Kantor SAR Surabaya. Selanjutnya korban dibawa menuju Rumah Sakit Premiere Surabaya untuk mendapatkan perawatan medis lanjutan. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
8 December 19:25 WIB